Kampus Parapatan AKN Berau Gelar Uji Potensi Akademik Maba

TANJUNG REDEB – Proses seleksi calon mahasiswa baru Tahun ajaran 2016-2017 Kampus Parapatan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Berau, gelombang pertama serentak dilaksanakan di Kampus Parapatan AKN Berau, Jalan Raja Alam II, Kelurahan Sei Bedungun, Tanjung Redeb, Minggu (28/8/2016).

Seleksi calon mahasiswa baru tersebut diikuti kurang lebih 97 orang peserta dari seluruh Kabupaten Berau, dengan materi tes akademik yang dimulai sejak pukul 08.30 Wita hingga 11.00 Wita.

Tak hanya mengukur kemampuan potensi akademik peserta, mereka juga diuji tentang pengetahuan umum dan seputar kampus yang saat ini merupakan satu-satunya kampus berstatus negeri di Kabupaten Berau.

Koordinator Kemahasiswaan AKN Berau, Saleh mengatakan, berdasarkan jadwal ujian tersebut dilaksanakan serentak di tiga tempat, yakni Kecamatan Talisayan, Kecamatan Segah dan Kampus Parapatan AKN Berau sendiri.

“Jadwalnya sebenarnya serentak, hanya saja tadi untuk yang di Talisayan soal-soal ujian baru bisa didatangkan, maka ujian disana dilaksanakan besok pagi,” ungkapnya.

Untuk memberikan kesempatan kepada calon peserta yang belum sempat mendaftarkan diri pada gelombang pertama, pihaknya akan membuka pendaftaran untuk gelombang kedua pada tanggal 1 hingga 25 September mendatang.

“Baik yang ada di Segah, Talisayan, maupun di Tanjung Redeb, kita akan buka kesempatan lagi bagi mereka yang ingin mendaftar di gelombang kedua. Untuk saat ini memang kuotanya belum memenuhi,” ujarnya.

BACA JUGA : Mau Mudah Cari Kerja, Ayo Masuk AKN Berau

Adapun program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di kampus tersebut, yakni Program Managemen Informatika dan Kelapa Sawit. Tak menutup kemungkinan, di tahun-tahun selanjutnya Kampus Parapatan AKN Berau akan mengembangkan program studi berbasis pariwisata, sesuai dengan potensi kekayaan alam yang ada di Berau.

“Kabupaten Berau ini ada banyak potensi, salah satunya kelapa sawit dan pariwisata. Jadi ke depan kita akan coba kembangkan bagaimana potensi yang ada bisa dikelola dengan baik oleh mahasiswa setelah mereka lulus dan bekerja nanti,” tutupnya.(Marta)