Safari Ramadhan 2018, Pangdam VI/Mulawarman Kaltim Kunjungi Berau Coal

 

TANJUNG REDEB – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarnan, Mayjen TNI Subiyanto beserta rombongan Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman, berkunjung ke PT Berau Coal, Senin (21/05/2018), dalam agenda Safari Ramadhan Pangdam VI/Mulawarman di Kabupaten Berau.

Didampingi Komandan Resort Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma, Brigjen TNI Irham Waroihan dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0902/TRD, Letkol CPN Rony Nuswantoro Hadi serta rombongan, disambut oleh Arief Wiedhartono, Direktur PT Berau Coal dan Robin Wirawan, Direktur Sinar Mas Mining beserta beberapa perwakilan manajemen PT Berau Coal bertempat di Eboni Meeting Room.

”Mewakili jajaran Direksi dan karyawan Berau Coal (BC), kami mengucapkan selamat datang untuk Panglima Kodam VI/Mulawarman dan jajaran, sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi Berau Coal dipilih sebagai salah satu tempat kunjungan dalam agenda Safari Ramadhan Pangdam VI/Mulawarman di Kabupaten Berau, dimana Pangdam akan memberikan arahan dan wejangan serta berbagi ilmu bagi seluruh manajemen Berau Coal yang ada di Head Office Tanjung Redeb,” ujar Arief Wiedhartono dalam sambutannya.

Selanjutnya Arief memberi gambaran mengenai keberadaan PT Berau Coal sebagai salah satu obyek vital nasional yang saat ini memiliki karyawan dan mitra kerja berjumlah total 18.819 orang. Banyaknya jumlah karyawan dan keluarga tersebut memberi warna yang cukup dominan di Kabupaten Berau, terutama berdampak langsung pada perputaran ekonomi maupun sosial.

Selain itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Berau tahun 2015, 60 persen Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Berau berasal dari aktivitas pertambangan, dimana 70 persennya berasal dari aktivitas Berau Coal dan Kontraktor. Sehingga keberadaan PT BC juga berusaha memberi manfaat positif melalui program CSR 4 pilar (pendidikan, kesehatan, budaya, sosial) dan terutama kontribusi sosial terhadap keberadaan energi listrik di Kabupaten Berau, melalui pasokan batubara ke PLTU Lati.

 

Arief juga mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang sangat baik dari jajaran Kodam VI/Mulawarman dan Kodim 0902/TRD dalam kerjasama stabilitas keamanan, sehingga secara umum Berau sangat kondusif untuk menjalankan usaha operasional pertambangan.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, kunjungan ini selain untuk meningkatkan silaturahmi, juga bertujuan untuk memperkenalkan diri, mengingat Mayjen TNI Subiyanto baru genap 2 bulan menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman, juga beberapa staf baru lainnya. Selain itu juga, tentu saja pertemuan ini diharapkan dapat menjaga dan menguatkan kerja sama yang baik antara Berau Coal dengan Kodam VI/Mulawarman

“Seperti yang diketahui, Berau Coal adalah salah satu Obyek Vital Nasional, sehingga keberadaan dan kegiatan operasionalnya perlu dijaga keamanannya, itupun sudah tertulis sebagai tugas TNI,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pangdam juga menyinggung isu keamanan dan terorisme yang saat ini kembali mencuat pasca kasus yang terjadi di Mako Brimob, Surabaya dan Mapolda Riau. Pangdam menegaskan, bahwa kita semua wajib waspada.

“Ya tidak menutup kemungkinan buruk, kita semua harus berhati-hati, apalagi diketahui ada sekitar 500 orang pulang dari Suriah, kita tidak tahu kemana saja mereka menyebarnya,” ujarnya.

 

Seluruh masyarakat kini perlu waspada, oleh karena itu Pangdam menekankan untuk terus berkoordinasi yang baik dengan aparat keamanan, selalu bekerja sama dengan Polres dengan Kodim dan Korem, terutama di bidang keamanan. Jika ditemukan hal-hal yang mencurigakan, langsung lakukan pelaporan dan koordinasi dalam penanganannya.

Pangdam juga mengajak seluruh yang hadir untuk mendorong jika ada anak dan saudara yang ingin menjadi tentara ataupun masuk SMA Taruna Nusantara agar didukung.

“Saya secara pribadi menginginkan banyak penerus prajurit terbaik kedepannya,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Pangdam juga menyebutkan bahwa koordinasi dan kerjasama antara TNI khususnya Kodim 0902/TRD dan PT Berau Coal telah berjalan baik. Beberapa program bersama, antara lain TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam membuka akses jalan di Labanan, Melati Jaya, Gurimbang dan Tasuk, dukungan program pembangunan rumah anggota dan dukungan pembangunan TK Kartika Yon Armed 18/Komposit.

“Saya berterimakasih kepada Berau Coal atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini, semoga kedepannya ini terus terjaga,” tandasnya.(Advertorial/bnc)