Tingkatkan Kompetensi Guru, PT Berau Coal Gelar Pelatihan Eksplorasi dan Eksploitasi Geologi Pertambangan

 

 

TANJUNG REDEB – PT Berau Coal memfasilitasi Pelatihan Eksplorasi dan Eksploitasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geologi Pertambangan, dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru pengajar, khususnya guru mata pelajaran Geologi Pertambangan.

Pelatihan perdana MGMP yang digelar di lantai 2 gedung Kampus Parapatan, Sinar Mas Berau Training Centre (SM-BTC), mulai Senin (15/01/2018) hingga Kamis (18/01/2018) itu, diikuti 9 dari 20 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kalimantan Timur, yakni Berau, Balikpapan, Bontang, Samarinda dan Kutai Kartanegara, dengan pemateri berasal dari PT Berau Coal.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Idhamsyah yang membuka pelatihan mengatakan, pelatihan yang digelar PT Berau Coal ini, merupakan langkah cukup bagus yang dapat dicontoh oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Berau maupun daerah lainnya. Sebab, selain sebagai bentuk silaturahim sesama guru, juga sebagai salah satu cara untuk memberikan pemahaman lebih mengenai studi pertambangan, agar saat memberikan materi pelajaran, para guru dapat lebih mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan pertambangan khususnya.

"Terima kasih kepada Berau Coal yang memfasiltasi pelatihan ini. Pelatihan ini sebenarnya bisa dicontoh oleh perusahaan lainnya, karena tanggung jawab pendidikan ini bukan hanya ada di pemerintahan saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Ia berharap, pelatihan tak hanya digelar untuk guru geologi pertambangan saja, melainkan mata pelajaran lainnya yang juga dapat berperan penting dalam dunia industri.

“Sebenarnya dipertambangan ini bukan geologis saja, tetapi termasuk informasi bahwa yang dibutuhan Berau Coal seperti apa, sehingga para guru ini nantinya bisa memberikan pelajaran yang memang diperlukan sejak dini kepada anak didiknya sesuai kebutuhan perusahaan,” imbuhnya.

 

Semantara itu, License and Corporate Communication General Manager PT Berau Coal, Yoyok N. Pramono mengatakan, melalui pelatihan ini para guru bisa saling mengenal dari sekolah yang berbeda juga menjadi tempat berbagi ilmu dan pengalaman, sebagai tujuan meningkatkan kompetensi kualitas guru di Kalimantan Timur. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pihaknya untuk membantu serta menumbuhkan kesejahteraan bagi para guru.

“Kami sangat senang diberikan kesempatan menjadi fasilitator kegiatan ini. Atas nama perusahaan, saya juga berterimakasih untuk kesempatan yang diberikan sehingga dapat melaksanakan program pelatihan ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya baik anggota pelatihan maupun pemateri. Nantinya kegiatan pelatihan ini akan terus berlanjut di pilar pendidikan tak hanya untuk pertambangan saja, namun ada juga perkebunan, pertanian dan peternakan,” tuturnya.

Ketua MGMP Geologi Pertambangan Provinsi Kaltim, Dwi Yanuar Kaltinah mengungkapkan, tujuan pengadaan pelatihan ini untuk beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi pengajaran, khususnya mata pelajaran geologi pertambangan.

"Terima kasih untuk Berau Coal yang sudah memfasilitasi untuk tempat pelatihan ini, dan juga terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur yang sudah memberikan izin sehingga MGMP ini bisa terlaksana," tutupnya.(advertorial/Miko Gusti Nanda/bnc)