Asik, Pemkab Subsidi Biaya Pemasangan Sambungan Rumah

TANJUNG REDEB – Berdasarkan arahan Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo, harga standar pemasangan Sambungan Rumah (SR) yang dilakukan PDAM Tirta Segah, pada tahap I yang semula sekitar Rp4,1 juta dipangkas menjadi Rp2,7 juta per SR.

Dengan demikian, Pemkab Berau mensubsidi setiap SR sebesar Rp1,4 juta. Hal itu disampaikan Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, sesaat sebelum melakukan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur terlaksananya pemasangan SR yang vakum sejak tahun 2007 silam.

“Pada pemasangan perdana ini, masyarakat mendapatkan keuntungan. Karena harga yang ditetapkan sebelumnya kita pangkas atas arahan Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya, Rabu (24/8/2016).

BACA JUGA : Pertama Kali Sejak 8 Tahun Terakhir, PDAM Potong Tumpeng Pemasangan Sambungan Rumah

Kebijakan Bupati dan wakilnya itu, dikatakan Adief, berdasarkan perhitungan dari 24 item material aksesoris yang digunakan, sebanyak 11 item memanfaatkan aksesoris yang berasal dari pengadaan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, sementara 13 item ditambah dengan biaya administrasi dan upah kerja pemasangannya ditanggung masyarakat selaku calon pelanggan.

“Intinya sebagian material aksesoris ditanggung oleh Pemkab Berau,” ucapnya.

BACA JUGAPemasangan Sambungan Rumah Tahap II dan III Bergantung Proyek IPA Raja Alam II

Untuk kemudahan dan kelancaran proses penyambungan SR, Adief mengimbau kepada seluruh masyarakat yang merasa telah melakukan pendaftaran permohonan SR khususnya yang mendaftar tahun 2008 hingga 2010 atau disebut pendaftar tahap I, segera melakukan konfirmasi nama mereka ke PDAM Tirta Segah, sekaligus melakukan proses administrasi. Hingga pagi tadi, setidaknya ada sekitar 30 orang telah melakukan proses administrasi dan konfirmasi nama di PDAM Tirta Segah terkait pemasangan SR.

“Sebelum saya ke sini (lokasi pemasangan SR perdana-red) di kantor tadi sudah banyak masyarakat yang melakukan proses administrasi dan konfirmasi nama, itu terbukti bahwa masyarakat sangat antusias dan apresiasi terhadap pemasangan SR ini,” tutupnya.(advertorial/mta)