Pertama Kali Sejak 8 Tahun Terakhir, PDAM Potong Tumpeng Pemasangan Sambungan Rumah

TANJUNG REDEB – Pemasangan Sambungan Rumah (SR) untuk pertama kalinya dilakukan PDAM Tirta Segah, sejak 8 tahun terakhir, dilaksanakan di Jalan Dermaga, Gang Mawar Putih, Kelurahan Karang Ambun, Tanjung Redeb, pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita, Rabu (24/8/2016).

Sebanyak 1.541 SR akan dipasang diwilayah Kecamatan Tanjung Redeb dan sekitarnya, secara bertahap mulai hari ini. Artinya, dari rencana awal hanya 1.000 SR mengalami peningkatan sebanyak 541 SR. Pemasangan tahap pertama ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur oleh Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, dihadapan belasan warga, yang kemudian dilanjutkan dengan penggalian pipa oleh para pekerja.

BACA JUGA : Kabar Gembira, Besok Dimulai Pemasangan 1.000 Sambungan Rumah Tahap I

Disampaikan Adief, ada sekitar 7.364 daftar tunggu dari beberapa Kecamatan yang terdaftar sejak Januari 2008 hingga Mei 2016. Untuk pelayanan yang merata, maka tahap pertama akan diprioritaskan bagi pendaftar periode tahun 2008 hingga 2010.

Selain itu, ia juga menyampaikan semestinya pemasangan 1.541 SR yang telah melalui proses sekitar 3 bulan ini bisa lebih cepat dari waktu pemasangan saat ini. Namun, karena ada beberapa hal yang perlu dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau perihal kelengkapan pemasangan, maka pengerjaan tertunda setidaknya 2 bulan.

“Ini sebenarnya kita molor 2 bulan dari waktu yang ditentukan, karena sebelumnya kita harus memastikan dulu kelengkapannya dari DPU,” ungkapnya.

Adapun kendala teknis yang kemungkinan akan dihadapi pihaknya dalam melakukan pemasangan SR seperti keberadaan pipa yang mungkin sudah tertanam lebih dalam atau kondisi jalanan yang telah teraspal maupun terkena cor lebih tebal.

“Kendala itu bisa saja kita hadapi, karena sejak tahun 2007 terakhir pemasangan SR pasti sudah banyak pipa yang terkubur dalam, begitu juga kondisi jalan yang sudah banyak berubah ataupun di aspal,” ujarnya.

Sementara Ketua RT setempat, Maskur, mengapresiasi penuh apa yang dilakukan PDAM Tirta Segah. Pasalnya, sejak 8 tahun lalu, puluhan warganya mengaku telah mendaftarkan diri untuk permohonan penyambungan SR, namun baru di tahun 2016 ini terealisasi.

“Sangat senang dan bersyukur sekali, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah turut andil hingga pemasangan SR ini bisa diwujudkan juga,” tutup Ketua RT 6 tersebut.(mta)