Keren!!! Berau Jadi Barometer ULP di Indonesia

 

TANJUNG REDEB - Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Berau ditunjuk sebagai barometer bagi ULP yang ada di Indonesia. ULP Kabupaten Berau dinilai telah melakukan berbagai inovasi di bidang teknologi informasi dengan pengembangan sistem informasi pengadaan.

Menurut Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-I), ULP Berau dinilai telah memadai dalam penilaian dari segi infrastruktur IT LPSE, bahkan telah meraih ISO 27001 tentang Keamanan Informasi dan juga sudah didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Melalui penilaian tersebut, maka ULP Berau dinilai layak untuk dijadikan percontohan bagi seluruh ULP se-Indonesia. Bahkan, ULP Berau ditunjuk menjadi hosting bagi Forum Diskusi Online. Dimana forum ini telah disiapkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) dan MCA-I dalam kerangka Program Modernisasi Pengadaan. Melaui forum online ini menjadi wadah bagi pengelola pengadaan di Indonesia untuk saling bertukar informasi.

Ditunjuknya ULP Berau menjadi barometer ULP seluruh Indonesia serta hosting forum diskusi online mendapat tanggapan dari Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo. Ia menilai, hal tersebut sudah seharusnya dilakukan, mengingat kinerja ULP yang selama ini dijalankan sudah sangat baik.

“Kita terus melakukan pembenahan dalam hal pengadaan ini. Tahun-tahun sebelumnya kita juga sudah menjadi yang terbaik, tapi saat ini kita menjadi nomor satu di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, ULP Berau juga sudah melalui berbagai tahapan. Sebelumnya ada 40 ULP yang diuji, hingga akhirnya Berau ditetapkan sebagai yang terbaik secara nasional. Ia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan dalam hal ini, seperti tidak ada intervensi dari kepala daerah, intervensi pihak ketiga, transparansi hingga pemanfaatan aplikasi baru.

“Jadi dari hasil penilaian mereka kita dianggap sangat layak untuk menjadi percontohan di Indonesia. Kita patut berbangga akan hal ini karena kinerja kita diakui secara nasional,” ujarnya.

Dengan penetapan in,i disampaikan Wabup Agus Tantomo, beberapa daerah sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembelajaran. Pemerintah daerah siap untuk membantu daerah yang ingin studi banding ke Berau.

“Tahun 2018 mendatang akan banyak daerah yang datang ke sini untuk belajar, bahkan dari Papua juga ada,” pungkasnya.(advertorial/hms5/bnc)