Maksimalkan Kebersihan Dalam Kota, DLHK Tambah Mobil Penyapu Jalan

 

TANJUNG REDEB - Mendukung program kebersihan yang saat ini sedang gencar dijalankan Pemerintah Kabupaten Berau, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menamah satu lagi mobil penyapu jalan. Dengan tambahan armada baru ini, diharapkan mendukung kinerja petugas dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya debu yang ada di jalanan.

Penambahan mobil ini juga untuk mendukung kinerja DLHK dalam memaksimalkan kebersihan jalan dalam kota. Dimana sebelumnya DLHK juga telah memiliki mobil serupa. Sehingga, dengan adanya mobil baru ini cakupan area pelayanan bisa lebih luas dan cepat dijalankan.

Disampaikan Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah B3, Junaidi, pihaknya melakukan penambahan unit baru ini untuk mempercepat penanganan kebersihan di jalan-jalan dalam kota. Dengan adanya tambahan ini bakal meningkatkan kinerja, dalam hal efektifitas waktu dan cakupan pelayanan.

“Kalau ada dua kan bisa lebih cepat. Karena cakupan pelayanan kita yang sangat luas,” katanya.

Ia pun mengakui, keberadaan satu unit mobil tidak akan mampu menangani seluruh jalan dalam kota. Tentu saja hal ini juga tidak efektif dalam sisi waktu pengerjaan. Persoalan inipun telah disampaikan kepada bupati, dan pihaknya mendapat arahan untuk melakukan penambahan mobil lagi.

“Sesuai dengan instruksi Pak Bupati, jadi kita tambah sehingga lebih maksimal kinerja,” ujarnya.

Penambahan unit baru ini berbeda dengan sebelumnya. Dimana kapasitas bak mobil yang ada ini sebesar 1 meter kubik, sementara untuk unit lama sebesar 2 meter kubik. Sebelum dioperasikan, pihaknya juga telah mengadakan pelatihan kepada petugas DLHK.

“Kita antisipasi agar ke depan tidak kekurangan operatornya,” imbuhnya.

Sejauh ini, dikatakan Junaidi, mobil yang dioperasikan sebelumnya telah maksimal berjalan. Hal ini juga sangat membantu petugas kebersihan di lapangan dalam membersihkan debu-debu di jalanan. Ia mengakui, persoalan debu ini cukup membuat kewalahan petugas dalam membersihkannya, karena sering terjadi penumpukan.

“Sejauh ini sangat maksimal lah. Membantu kerjaan kita juga. Jadi debu yang menumpuk ini bisa hilang dan pada saat hujan tidak turun ke drainase dan membuat sedimentasi. Kita harapkan dengan kebersihan jalan ini bisa mengurangi debu dan menghasilkan udara segara bagi masyarakat,” pungkasnya.(advertorial/hms5/bnc)