Peringati Hari Menanam Nasional, DLHK Hijaukan TPA Bujangga

 

TANJUNG REDEB – Memperingati Hari Menanam Nasional, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, bersama generasi muda Bumi Batiwakkal yang tergabung dalam Greeen Generations, menggelar penghijauan di kawasan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bujangga. Ratusan pohon dari berbagai jenis ditanam untuk menambah hijaunya TPA.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK, Junaidi mengatakan, aksi menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Bersama lembaga terkait seperti Green Generations yang beranggotakan para pelajar, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, termasuk gerakan menanam pohon untuk penghijauan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan memberikan manfaat besar bagi lingkungan dan juga mengkampanyekan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

“Sebanyak 150 pohon kita tanam di kawasan TPA bersama anak-anak Green Generations dalam rangka hari menanam nasional. Selain itu, ada juga penanaman kurang lebih 90 pohon bambu yang berfungsi menyerap dan mengurangi bau dari sampah,” ungkapnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, disampaikan Junaidi, DLHK Berau juga terus melakukan pembenahan jalan dan drainase dalam kota. Saat ini, pihaknya telah menyisir kawasan sepanjang Jalan Marsma Iswahyudi dari Kecamatan Teluk Bayur hingga ke kawasan Kilometer 5 Sei Bedungun dalam rangka penataan kawasan jalan.

Pengerjaan tim DLHK dan juga mengajak masyarakat, dikatakan Junaidi, kini di kawasan Jalan Sultan Agung. Selain membersihkan drainase dan bahu jalan, pihaknya juga melakukan penghijauan dengan menanam berbagai jenis pohon di sepanjang jalan tersebut. Pihaknya berharap dengan penanaman pohon ini semakin menambah keindahan kota dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Kami berharap pohon yang ditanam dapat dijaga bersama-sama oleh masyarakat sekitar, agar pohonya tumbuh dengan baik dan menambah keasrian di sepanjang jalan dalam kota,” ucapnya.

Menjaga lingkungan, disampaikan Junaidi, menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga pihaknya selalu menggandeng instansi terkait untuk bersama-sama masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kegiatan gotong rotong yang rutin dilaksanakan melibatkan masyarakat melalui kelurahan dan rukun tetangga.

“Kami selalu bersama-sama masyarakat untuk menjaga kebersihan kota kita ini,” tandasnya.(advertorial/hms5/bnc)