Hadiri Temu Pelanggan 2017, Bupati Apresiasi Kinerja PDAM Tirta Segah

 

TANJUNG REDEB - Bertempat di Hotel Derawan Indah, Sabtu (16/12/2017), PDAM Tirta Segah kembali menggelar temu pelanggan dan survei kepuasan pelanggan. Tampak ada yang berbeda dalam acara yang digelar serupa tahun lalu itu, dimana tahun ini acara dihadiri langsung oleh Bupati Berau Muharram.

Dalam sambutannya, Direktur PDAM Tirta Segah Adief Mulyadi mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu cara bagi pihaknya untuk membangun silaturrahmi dan kedekatan dengan para pelanggan. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya dapat mengintrospeksi diri dan memperbaiki serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami akan terus melakukan pembenahan, baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas serta menambah cakupan pelayanan kepada masyarakat. Fokus kami ke depan juga, akan terus menerus melakukan perawatan dan perbaikan terhadap instalasi-instalasi kita, supaya airnya tetap lancar, jernih dan pelayanan kepada masyarakat tetap terjamin,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Adief juga mengungkapkan tingginya angka tunggakan pembayaran pelanggan. Dimana, dari sekitar 17 ribu pelanggan yang ada saat ini, hanya 7.785 pelanggan atau sekitar 45 persen, yang tertib membayar rekening air tanpa tunggakan.

“Jadi PR kita masih ada sekitar 50 sampai 55 persen pelanggan yang menunggak atau tidak lancar membayar. Mungkin nanti yang tidak bayar ini Pak Bupati, kami mohon maaf, terpaksa kami tutup atau kami segel, karena bagaimana pun itu harus kami lakukan untuk memperbaiki kinerja perusahaan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Bupati Berau Muharram dalam sambutannya, mengungkapkan rasa bangganya terhadap kinerja PDAM Tirta Segah di bawah kepemimpinan Adief Mulyadi. Pasalnya, hanya dalam kurun waktu 6 bulan, PDAM sudah memberikan gebrakan perubahan pelayanan air bersih yang sama sekali tidak pernah disangka akan terjadi, yakni mampu menambah kurang lebih 3.000 sambungan baru dan berbagai macam perbaikan operasional pelayanan lainnya.

Gebrakan perubahan ini, dikatakan Bupati Muharram, kemudian berbuah ganjaran prestasi dari Perpamsi Award tahun 2017 sebagai PDAM dengan operasional terbaik pertama untuk katagori PDAM dengan penduduk 200 ribu hingga 500 ribu jiwa.

“Bisa dibayangkan bagaimana perubahan yang sedemikian rupa. Derasnya pompa tidak mengalami perubahan, tapi mampu menambah 3.000 sambungan. Ini kan prestasi yang harus kita akui. Secara menajemen berarti terjadi efektifitas dan cara memelihara dan memaksimalkan, seluruh perangkat-perangkat PDAM secara optimal, mulai dari pembersihan jaringan, mengurangi kebocoran sampai dengan menertibkan pelanggan yang membiarkan kebocoran terjadi,” ungkapnya.

“Jadi Adief berani tampil pakai baju adat, itu karena dia berprestasi. dan saya selaku Bupati, terus terang mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran PDAM atas kinerjanya,” tambahnya.

 

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Batiwakkal itu juga menanggapi soal tingginya angka tunggakan pelanggan. Menurutnya, untuk mengatasi tingginya angka tunggakan itu, PDAM harus menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Berau. PDAM juga diminta untuk menciptakan sistem agar pelanggan tidak lagi mudah menunggak pembayaran.

“Kurang lebih 55 persen pelanggan yang menunggak atau kurang tertib, ini kan luar biasa. Coba buat sistem seperti PLN, jika tidak bayar, air tidak mengalir. Jika bisa, silahkan lakukan meski kita harus membiayai lebih mahal. Hanya saya khawatir pipa PDAM yang dipotong pelanggan, tapi jika itu terjadi, jangan pernah lagi disambungkan air di rumah pelanggan tersebut. Ambil resiko begitu. Kita harus mulai dari sekarang untuk menertibkan. karena itu menjadi preseden buruk bagi pelanggan yang tertib dan bertanggung jawab,” tandasnya.

Pantauan beraunews.com di lokasi, seluruh pelanggan yang hadir, memberikan tanggapan, kritik, saran, keluhan maupun pertanyaan kepada PDAM Tirta Segah melalui kuisioner yang telah disediakan pihak PDAM sebagai bahan survei kepuasaan pelanggan tersebut.

Selain itu, terhadap 7.785 pelanggan yang selama ini tidak pernah menunggak, akan mendapatkan doorprize dari PDAM, sebagai wujud ucapan terima kasih dari PDAM kepada pelanggannya. Namun demikian, doorprize hanya diberikan kepada pelanggan yang beruntung melalui pengundian yang dilakukan Bupati Berau Muharram.(advertorial/bnc)