Bupati Lantik 56 Kepala Kampung Secara Serentak

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram melantik serentak 56 kepala kampung se-Kabupaten Berau, di Graha Pemuda Tanjung Redeb, Kamis (14/12/2017). 56 kepala kampung yang dilantik terdiri dari 52 kepala kampung definitif periode 2017-2023 hasil pemilihan serentak pada 25 Oktober 2017 lalu, serta 4 pejabat sementara (Pjs) kepala kampung.

Tampak hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, Sekda Berau Jonie Marhansyah, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Berau.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penyematan tanda jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan. Selain pelantikan kepala kampung, juga digelar pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) 56 kampung.

Bupati Muharram dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada penyelenggara pemilihan kepala kampung serentak mulai dari panitia tingkat kabupaten, kecamatan dan panitia pemilihan kampung yang telah mengantarkan prosesi pemilihan kepala kampung secara serentak dengan sukses. Begitu juga dengan para tokoh masyarakat di seluruh kampung penyelenggara pemilihan yang turut berperan aktif, sehingga pemilihan kepala kampung serentak gelombang kedua tahun 2017, berjalan dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara dan tokoh masyarakat, sehingga pemilihan serentak gelombang kedua ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

BACA JUGA : 14 Desember, 53 Kepala Kampung Dilantik Serentak

Bupati Muharram mengajak seluruh kepala kampung yang telah dikukuhkan untuk dapat memaknai sumpah jabatan yang diucapkan. Senantiasa menjadikan sarana koreksi dan menjadi kontrol dalam melaksanakan tugas. Meluruskan niat dalam pengabdian untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat dan melaksanakan pembangunan untuk semua, dengan harapan terjadi perubahan yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat.

 

Pemikiran kepala kampung dalam melaksanakan program pembangunan, diharapkan Bupati Muharram, dapat sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Berau, yakni mewujudkan Berau Sejahtera, Unggul dan Berdaya Saing. Dengan bersinergi untuk mencapai visi misi, maka seluruh program akan diselaraskan dengan apa yang telah diprogramkan pemerintah Kabupaten Berau. Sigap sejahtera yang telah diprogramkan dan diikuti seluruh kepala kampung, diharapkannya dapat diimplementasikan dengan baik. Terlebih Sigap sejahtera ini menjadi proyek percontohan nasional di masa depan.

“Ini langkah strategis dalam memajukan pembangunan kampung,” tegasnya.

Kepala Kampung disampaikan Muharram, merupakan pemimpin wilayah yang lebih kecil. Sehingga kepala kampung akan lebih memahami setiap kondisi wilayahnya. Muharram berpesan kepada kepala kampung untuk mengawasi kampung dari bahaya peredaran narkoba. Memaksimalkan seluruh peran kelembagaan yang ada untuk bersama-sama mencegah narkoba ada di kampung. Mengawasi anak anak dari pergaulan, agar tidak terjerumus ke narkoba.

“Ini tugas kita bersama untuk mencegah peredaran narkoba,” imbuhnya.

Bupati Muharram juga meminta kepala kampung untuk melakukan kontrol kepada masyarakat anak usia sekolah agar tidak putus sekolah. Memastikan seluruh anak-anak usia sekolah untuk dapat memperoleh haknya bersekolah. Kepala kampung diminta melakukan komunikasi aktif dengan masyarakatnya.

“Saya juga berpesan kepala kampung untuk memastikan kondisi lingkungan sanitasi di kampung juga dikelola dengan baik,” tandasnya.(advertorial/hms4/Miko Gusti Nanda/bnc)