Belajar Pengelolaan BUMDes di Jateng, Wabup Lepas 186 Aparatur Kampung

 

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo melepas 186 aparatur kampung yang akan melakukan orientasi lapangan ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng). Pelepasan digelar di Ballroom Hotel Derawan Indah, Tanjung Redeb, Rabu (06/12/2017).

Aparatur kampung mengikuti pembelajaran yang digelar bersama Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi) Kabupaten Berau. Rencananya aparatur kampung akan mengikuti Orientasi lapangan sejak 7 hingga 11 Desember 2017.

Wabup Agus Tantomo, dalam arahannya meminta kepada para peserta orientasi lapangan dapat mempersiapkan diri dengan maksimal, sehingga mampu menyerap semua materi yang diberikan selama mengikuti kegiatan orientasi atau studi banding di Kabupaten Klaten.

Selain itu, ia juga mengingatkan peserta orientasi lapangan untuk dapat mengimplementasikan semua materi yang diperoleh, sehingga mampu memajukan semua sumber daya yang ada di kampung masing-masing memalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK).

“Saya ingatkan, kegiatan ini bukan semata hanya perjalanan kosong, tetapi ada tujuan yang ingin dicapai, yakni memberdayakan kampung kita dengan melihat perkembangan pengolaan sumber daya kampung yang ada di sana. Jadi, jangan sampai ada yang sia-sia, apalagi perjalanan teman-teman semua ini menggunakan dana kampung,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Ilyas Nasir mengatakan, orientasi lapangan yang digelar P-Apdesi ini merupakan salah satu cara untuk melakukan peningkatan ide dan gagasan pemerintah kampung dalam mengelola sumber daya yang ada. Apalagi, kegiatan ini merupakan kegiatan kedua setelah tahap satu berhasil digelar Oktober 2017 lalu.

Ketua DPC P-Apdesi Berau, Madri Pani menjelaskan, program orientasi lapangan yang dilakukan P-Apdesi tahap kedua ini diikuti 186 peserta dari 81 kampung. Mereka akan melakukan kunjungan dan pembelajaran selama 4 hari di BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jateng.(advertorial/hms17/bnc)