Jambore MTB Pertama Kali Digelar di Berau, Bupati Turut Serta Lho

 

TANJUNG REDEB – Bertempat di depan Keraton Sambaliung, ratusan pecinta sepeda berkumpul mengikuti Jambore Mountain Bike (MTB) yang pertama kali digelar di Kabupaten Berau. Jambore MTB bertema “Keraton to Keraton” diikuti 300 peserta dari berbagai daerah di Kaltim dan Kaltara.

Pelaksanaan Jambore MTB ini juga dihadiri Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Berau Agus Tantomo. Dalam kesempatan ini, Bupati Berau Muharam membuka Jambore MTB. Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, dirinya sangat mendukung pelaksanaan Jambore untuk para pecinta sepeda. Selain menjadi ajang silaturahmi antar pecinta olahraga sepeda, juga menjadi ajang untuk mencari bakat atlet muda Berau.

“Saya mengapresiasi Jambore ini, ini adalah olahraga yang sehat dan murah, siapa saja bisa bermain sepeda karena ramah lingkungan. Momen ini juga akan menjadi sarana sesama pecinta sepeda gunung untuk bersilaturahmi, tetapi di dalam itu bisa juga dijadikan sarana mencari bakat atlet muda Berau,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Jambore MTB, Kapten Arm Joko Sulostianto mengungkapkan, meski hanya dengan persiapan yang sederhana lantaran waktu yang sangat sempit, namun pelaksanaan Jambore pecinta sepeda gunung di Berau berjalan lancar. Bahkan dia mengakui, kegiatan yang sederhana ini mampu menarik minat peserta dari luar Kaltim.

“Saya bersyukur kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Kita lihat antusias peserta sangat tinggi dan pesertanya mencapai 300 orang dari berbagai kota di Kaltim dan Kaltara, di antaranya dari Bulungan, Tarakan, Sangatta, Kukar, Samarinda, Balikpapan, Tanah Grogot, Bontang, Sanga-Sanga. Ada peserta dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur,” ujarnya

Jambore MTB ini dilaksanalan dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dengan menyusuri empat Kecamatan. Dimulai dari Kecamatan Sambaliung menuju Kecamatan Tanjung Redeb, Kecamatan Teluk Bayur, finis di Kecamatan Gunung Tabur, tepatnya di halaman Keraton Gunung Tabur.

“Beberapa rute memang rutin dilewati teman-teman MTB Berau saat latihan, tapi ada beberapa rute baru juga,” ujarnya.

Rencananya kegiatan Jambore MTB seperti ini akan kembali digelar tahun depan dengan target peserta lebih banyak dari sekarang.(advertorial/hms5/bnc)