Sekda Berau : Paguyuban Harus Jadi Simbol Persatuan

 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau meminta agar paguyuban yang ada di Bumi Batiwakkal bisa bersatu dan bersinergi dalam menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan. Paguyuban ini pun harus menjadi simbol persatuan dalam mewujudkan pembangunan di daerah.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau Jonie Marhansyah saat menghadiri pelantikan Pengurus DPD Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kabupaten Berau periode 2017-2021.

Dikatakan Sekda Berau Jonie Marhansyah, kehadiran paguyuban harus mampu memberikan sumbangsih yang berarti bagi pembangunan daerah. Seperti yang ada di Berau, dengan kehidupan yang heterogen dapat menyatu di dalamnya. Tentu tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan suatu saat. Karena itu, diperlukan peran dari paguyuban yang ada, sehingga kerukunan bisa terjaga dengan baik.

“Dengan adanya organisasi ini menjadi wadah masyarakat Jawa di Berau, sehingga semakin meningkatkan dan memantapkan perannya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat serta menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah dalam proses pembangunan yang lebih baik,” katanya.

Menurutnya, selama ini banyak paguyuban yang berperan aktif di masyarakat untuk menjaga kekompakan satu sama lain. Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh paguyuban tersebut. Meskipun setiap paguyuban berupaya melestarikan seni dan budaya daerah masing-masing, namun kekompakan harus tetap terjaga dan tidak saling menjatuhkan.

Kondisi sosial yang heterogen ini pun merupakan kerawanan yang besar terjadinya gesekan. Apalagi dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan menyebarkan isu yang menjurus pada fitnah. Sehingga membuat situasi yang kondusif menjadi tidak aman hingga terjadi kekacauan.

“Sebelum itu terjadi, maka seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencegah. Melalui Ikapakarti, saya harap dapat membangun tanggung jawab akan pentingnya situasi kondusif,” tegasnya.

Paguyuban juga harus memainkan perannya dalam kehidupan bermasyarakat.(advertorial/hms5/bnc)