Ikut Pertama Kali, PT IPB Raih Top 3 IBEA 2017

 

TANJUNG REDEB – PT Indo Pusaka Berau (IPB) sebagai pengelola PLTU Lati terpilih sebagai finalis atau Top 3 Power Plant di bawah 10 Megawatt (MW) pada Indonesia Best Electricity Awards (IBEA) 2017. Penghargaan tersebut terasa spesial, lantaran PT IPB baru pertama kali diikutsertakan pada IBEA 2017.

Pengumuman IPB sebagai Top 3 Power Plant di bawah 10 MW disampaikan, Kamis (23/11/2017) malam, di Hotel Bidakara Jakarta. Acara tersebut dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Direktur Utama PT IPB, Najamuddin mengatakan, pada ajang IBEA 2017, pihaknya mendapatkan undangan. Penghargaan tersebut merupakan gelaran majalah kelistrikan yang bekerja sama dengan Kementerian ESDM, PLN, maupun Dewan Energi Nasional.

“Di Indonesia pembangkit yang di bawah 10 MW unitnya ada beberapa perusahaan, dan kami masuk finalis bersama PT Basara Hydro Power Bali dan PLTA Silo Rejo Jawa Timur,” tuturnya.

Dalam prosesnya, setelah mendapatkan undangan, pada Oktober lalu PT IPB diminta ke Jakarta untuk presentasi di hadapan 17 dewan juri dari berbagai profesi mulai dari ahli kelistrikan, akademisi, politisi dan sebagainya. Sementara yang menjadi penilaian diantaranya, keunggulan perusahaan, keuangan dan dari presentasi. Untuk yang presentasi di hadapan dewan juri, dari IPB dirinya secara langsung.

“Meski tidak menjadi The Best Power Plant di bawah 10 MW, tapi ini pencapaian luar biasa menjadi finalis untuk pertama kali ikut serta. Semoga tahun depan bisa jadi yang terbaik,” harapnya.

Ketua Dewan Juri IBEA 2017, Tumiran, mengapresiasi keikutsertaan perusahaan-perusahaan listrik pada ajang ini. IBEA disebutkannya sudah digelar tiga kali sejak tahun 2015.

“Saya salut dengan direktur-direktur utama perusahaan listrik yang ikut serta, mereka secara langsung yang presentasi. Itu artinya para direktur ini menguasai benar perusahaan yang dipimpinnya,” tutur Tumiran dalam sambutannya.

Diharapkannya, ajang penghargaan ini mendorong perusahaan di bidang industri ketenagalistrikan nasional selalu berinovasi.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengucapkan selamat kepada perusahaan listrik yang mendapatkan penghargaan di IBEA 2017.

“Kedepannya, sebagai saran saya, untuk kategori penghargaannya bisa dikerucutkan lagi dan bisa semakin bergengsi,” pungkasnya.(advertorial/hms18/bnc)