Berbagi Ilmu Kerajinan, Dekranasda Pekalongan Bakal Kunjungi Berau

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka saling tukar wawasan dan pengetahuan tentang kerajinan daerah serta saling menyerap ilmu satu sama lain, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah akan melakukan kunjungan ke Dekranasda Kabupaten Berau.

Guna menyambut kedatangan Ketua Dekranasda Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi berserta rombongan tersebut, Dekranasda Berau menggelar rapat persiapan di ruang Rapat Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Berau, Rabu (06/12/2017).

Kepala Disperindagkop Berau, Wiyati saat ditemui beraunews.com usai rapat mengatakan, rapat ini merupakan pertemuan anggota Dekranasda Berau, guna membahas persiapan penyambutan tamu dari Dekranasda Pekalongan. Tujuannya, tentu saja agar pelayanan Dekranasda Berau terhadap Dekranasda Pekalongan selaku tamu, dilakukan secara matang dan terkoordinir dengan baik.

“Jadi Ketua Dekranasda Pekalongan yang juga istri Bupati Pekalongan akan hadir di Berau pada tanggal 11-14 Desember. Untuk itulah Ketua Dekranasda Berau, Sri Juniarsih Muharram mengarahkan kita untuk mengadakan rapat persiapan guna menyambut kedatangan mereka (Dekranasda Pekalongan-red),” tuturnya.

Tujuan kunjungan Dekranasda Pekalongan itu, dikatakan Wiyati, untuk saling bertukar wawasan, pengetahuan, dan juga penanganan para perajin yang ada. Dari kunjungan ini, antar sesama Dekranasda bisa mengambil pelajaran dan juga bisa membandingkan bagaimana capaian dari masing-masing daerah.

“Dekranasda Pekalongan berkunjung ke Berau mau melihat Sekretariat Dekranasda Berau guna melihat pengrajin tempurung, bahan limbah dan kerajinan kayu. Kemudian mereka juga akan berkunjung ke rumah batik Berau, dan melihat kerajinan yang ada di Pulau Derawan,” jelasnya.

Mengingat Pekalongan terkenal dengan batiknya, diharapkan dari kunjungan Dekranasda Pekalongan ini, tambah Wiyati, akan ada Memorandum of Understanding (MoU) antara Berau dengan Pekalongan, dalam rangka untuk meningkatkan batik Berau.

“Semoga ada kerja sama bagaimana bisa meningkatkan pengetahuan pengrajin batik Berau hingga bisa magang di Pekalongan,” tutupnya.(advertorial/Miko Gusti Nanda/bnc)