Capai Kesejahteraan Petani, Bupati Berau Taruh Harapan Besar ke Perhiptani

 

TANJUNG REDEB – Sebagai organisasi profesi, peran Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), sangat penting dalam melakukan perubahan serta inovasi dibidang pertanian. Sehingga kreatifitas bagi para penyuluh pertanian harus terus dipacu dalam upaya mencapai kesejahteraan petani. Hal itu diungkapkan Bupati Berau, Muharram, saat membuka musyawarah daerah (musda) Perhiptani Berau, di Aula Dinas Perkebunan Berau, Rabu (6/12/2017).

Tolak ukur kesuksesan Perhiptani, disampaikan Muharram, adalah peningkatan kesejahteraan petani. Artinya, ketika petani sejahtera, maka Perhiptani sukses. Saat ini di Kabupaten Berau, penetapan Upah Minuman Kabupaten (UMK) sebesar Rp2,8 juta. Sehingga pendapatan petani setelah dikurangi dengan biaya produksi dan lainnya, minimal bisa mencapai besaran UMK.

“Ini apakah sudah tercapai. Jika belum, maka kita belum sukses dalam memberikan pendampingan,” ujarnya.

Kabupaten Berau memiliki luas daratan 2,2 juta hektar yang 30-40 persennya memiliki potensi pertanian. Terobosan dan inovasi dalam mendorong peningkatan pertanian, harus terus dilakukan. Para penyuluh harus memiliki peta potensi pengembangan pertanian, sehingga setiap komoditi yang dibudidayakan telah sesuai dengan kondisi daerah yang akhirnya meningkatkan produksi.

Langkah pertama dalam mendorong peningkatan ini, dikatakan Muharram, adalah adanya laboratorium pertanian. Sehingga para pakar dan penyuluh pertanian dapat terus melakukan penelitian dalam upaya pengembangan budidaya dengan komoditi unggulan.

“Kita upayakan adanya laboratorium yang dapat mendukung penelitian, baik penelitian tanah maupun komoditi unggulan yang potensi dikembangkan,” imbuhnya.

Selain itu, dalam upaya peningkatan pertanian, disampaikan Muharram, adalah penerapan teknologi. Saat ini sudah tidak lagi melakukan dengan pola manual, karena akan ketinggalan. Setiap negara terus mendorong penerapan teknologi dalam upaya peningkatan produksi pertanian. Para penyuluh harus sudah berpikir penerapan teknologi pertanian.

“Penelitian dan penerapan teknologi ini yang sangat penting dalam upaya peningkatan produksi pertanian,” tandasnya.

Bupati Muharram menaruh harapan besar kepada para penyuluh yang tergabung melalui Perhiptani untuk mencapai suksesnya pembangunan di Bumi Batiwakkal. Kesuksesan Perhiptani, dikatakannya, merupakan kesuksesan Bupati sebagai kepala daerah. Sehingga Muharram membuka ruang kepada pengurus dan anggota Perhiptani untuk terus berkoordinasi dan membangun komunikasi dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Berau.(advertorial/hms4/bnc).