Dasawisma Ujung Tombak TP PKK

 

TANJUNG REDEB – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Berau mengelar Temu Kader Dasawisma, di Aula STIEM Tanjung Redeb, Rabu (6/12/2017). Kegiatan ini sebagai upaya dalam penguatan seluruh kader Dasawisma yang ada di setiap kecamatan hingga kampung.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Berau Muharram. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP PKK Sri Juniarsih Muharram dan seluruh kader Dasawisma dari seluruh kecamatan dan kampung.

Ketua TP PKK Berau Sri Juniarsih Muharram dalam laporannya mengatakan, dasawisma merupakan perpanjangan tangan dari PKK. Keberhasilan program yang akan dijalankan PKK sangat bergantung pada kader dasawisma ini. Dimana, dasawisma ini merupakan kelompok-kelompok kecil yang dibentuk untuk memaksimalkan program PKK.

 "Dasawisma ini merupakan kelompok terkecil yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera. Dengan adanya kelompok ini akan mempermudah koordinasi dari jaringan pelayanan PKK hingga ke kampung dan kelurahan," ujarnya.

Sri Juniarsih juga mengimbau, agar kader-kader dasawisma yang ada di kampung dan kelurahan lebih dimaksimalkan lagi. Merapatkan barisan dalam menjalankan program yang ada. Sehingga program yang telah direncanakan bisa berjalan dengan sesuai dan tepat sasaran.

"Dalam memaksimalkan kader dasawisma ini, kita juga telah melakukan studi banding ke Kabupaten Malang. Di sana kita lihat bahwa perkembangan dasawisma sangat kuat. Meskipun anggaran yang ada kecil, tapi semangat mereka tetap terjaga. Itulah yang ingin kita terapkan di sini. Sehingga peran kita di masyarakat sebagai wadah yang dapat membantu program pemerintah daerah bisa berjalan maksimal," tegasnya.

Sementara Bupati Muharram mengatakan, dasawisma ini beranggotan 10 orang dan maksimal 20 orang. Yang dibagi-bagi di setiap kampung ataupun kelurahan. Jadi setiap kampung bisa memiliki beberapa kelompok dasawisma. Dengan pembagian menjadi beberapa kelompok kecil inilah yang diharapkan bisa memaksimalkan program PKK.

"Lebih mudah mengorganisir kelompok yang kecil dan program yang dijalankan pun bisa maksimal. Saya harapkan kader dasawisma ini bisa diperbanyak lagi di tingkat kelurahan hingga RT, mengingat peran pentingnya di masyarakat," katanya.

Bupati Muharram juga mengingatkan, agar kader-kader dasawisma ini saling bekerja sama. Dengan penguatan yang ada di masing-masing kelompok tentu akan membangun jaringan yang kompak. Sehingga koordinasi antar seluruh kelompok bisa berjalan cepat hingga 10 pokok program PKK bisa berjalan maksimal.

"Jangan kita tonjolkan egoisme masing-masing. Saling membantu karena tujuan kita untuk membantu pemerintah daerah menjalankan program pemberdayaan di masyarakat," pungkasnya.(advertorial/hms5/bnc).