Pencanangan Gerakan Revolusi Mental, Bupati Minta ASN Perkuat Mentalitas

 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengelar Pencanangan Gerakan Revolusi Mental dan Laboratorium Inovasi, Senin (4/12/2012) di Gedung DPRD Berau. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat dalam reformasi birokrasi sebagai upaya untuk peningkatan kinerja dari pemerintah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Berau Muharram, Ketua DPRD Berau Syarifatul Sya’diah, Kepala LAN RI Adi Suryanto, Sekretaris Daerah Berau, Jonie Marhansyah serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat struktural di Lingkungan Pemkab Berau.

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah yang juga Ketua Panitia Kegiatan, Jonie Marhanysah menjelaskan, pencanangan gerakan revolusi mental ini bakal mengangkat kembali nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong demi terciptanya birokrasi yang bersih dan berwibawa serta berorientasi pada pelayanan publik.

Melalui kegiatan ini juga dibentuk laboratorium inovasi. Dimana laboratorium inovasi ini bertujuan, agar ide para inovator dapat ditampung di dalamnya untuk diramu menjadi inovasi sektor publik.

“Secara langsung dapat membantu meningkatkan Global Innovation Index (GII) Indonesia dan mencapai tujuan nasional, yaitu terlaksananya nawacita dan reformasi birokrasi,” ujar Sekda Jonie Marhansyah.

 

Sementara menurut Kepala LAN RI, Adi Suryanto, revolusi mental ini merupakan perwujudan pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan publik. Tidak hanya di tingkat pusat saja, tapi pemerintah daerah juga perlu mengaplikasikan hal ini demi mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan benar.

“Daerah harus bisa melakukan berbagai inovasi dalam meciptakan pelayanan publik ini. Merubah pola-pola lama dengan mengikuti perkembangan saat ini. Dengan memperbaiki pelayanan publik ini, otomatis peningkatan kinerja kita juga akan mengikuti,” tegasnya.

Revolusi mental ini merupakan perubahan mendasar dalam merubah cara berpikir. Bupati Muharram menyampaikan, dengan merubah mindset bakal memunculkan hal-hal baru yang inovatif dalam peningkatan pelayanan publik oleh setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia menegaskan, setiap ASN harus bisa memperkuat mentalitas dalam menjalankan kinerjanya, dimana pengaruh mentalitas ini akan mendukung kemajuan pemerintahan dan negara.

“Kalau SDM-nya handal, tapi mentalitas rendah percuma saja. Sementara kalau mentalitas kuat tapi SDM rendah, masih bisa memiliki nilai tambah. Namun yang lebih bagus, kalau SDM handal didukung mentalitas baik. Inilah yang akan membantu kepala daerah dalam menjalankan program pemerintah,” imbuhnya.

 

Dengan adanya kegiatan ini, Bupati Muharram mengharapkan agar terjadi perubahan dari ASN, yakni semakin memiliki integritas dan mentalitas kuat dalam menjalankan pemerintahan ke depannya.

“Saya harap peserta bisa mengikuti kegiatan dari awal hingga berakhir serta mengaplikasikan apa yang didapat. Hasilnya bisa mencetak ASN dengan mental terbaik di Berau,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Berau dengan LAN RI tentang Penyelengaraan Laboratorium Inovasi Daerah, serta penandatangann Building Comitmen Inovasi dan Revolusi Mental.(advertorial/hms5/Miko Gusti Nanda/bnc).