Korpri Berau Gelar Seminar Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

 

TANJUNG REDEB – Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Berau menggelar Seminar Pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di ruang Sangalaki, Setkab Berau, Kamis (30/11/2017). Seminar ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Korpri tahun 2017 ini.

Seminar yang dihadiri oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebagian besar bendahara, Kabag Ekonomi, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya tersebut, dibuka Asisten I Setkab Berau, Anwar dengan menghadirkan narasumber dari Polres Berau dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau.

Anwar menjelaskan, seminar ini membantu ASN menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sehingga target yang ingin diraih bisa tercapai tanpa melanggar aturan. Selain itu, melalui seminar ini, diharapkan bisa memberikan informasi kepada seluruh ASN untuk menghindari tindak pindana korupsi yang selama ini banyak terjadi di berbagai daerah dan melibatkan oknum ASN.

 

“Mari kita ciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Seminar ini menjadi bekal ASN untuk menghindari celah-celah hukum yang berpotensi disalahgunakan,” ujarnya.

Isu tindak pidana korupsi, menurut Anwar, sudah menjadi tren dan berkembang sangat pesat. Tentu diharapkan, agar jajaran ASN di Lingkungan Pemkab Berau tidak sampai terjerumus dalam persoalan tersebut. Oleh karenanya, tindakan antisipasi harus dilakukan sejak dini.

“Pemkab Berau telah mendukung upaya pencegahan tindak pidana korupsi sejak 2009 lalu dan telah dibentuk monitoring yang akan membantu pemerintah daerah meningkatkan pelayanan publik dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik,” ujarnya.

 

Dalam seminar yang membahas Undang-Undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 itu, Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Berau Nasrullah Syam saat ditemui beraunews.com mengatakan, arti penting diadakannya seminar ini, untuk memberikan pemahaman kepada ASN di Lingkungan Pemkab Berau tentang peran dan fungsi Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang ada di Kejaksaan, sebagai pencegahan tindak pidana korupsi.

“Harapan kami Kabupaten Berau dapat bersama-sama dengan Kejaksaan melalui TP4D untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi,” tandasnya.(advertorial/Miko Gusti Nanda/bnc)