Menjadi Organisasi Penuh Inovasi dan Kreativitas, Peringatan HUT ke-46 Korpri Dirangkai HKN ke-53

 

TANJUNG REDEB – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kabupaten Berau digelar dengan upacara di halaman Kantor Bupati Berau, Rabu (29/11/2017). HUT Korpri dirangkai dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram, selaku pembina upacara sekaligus membacakan sambutan Presiden RI dan Menteri Kesehatan RI.

Dalam peringatan HUT Korpri, Bupati Muharram membacakan sambutan Presiden menegaskan, peringatan HUT Korpri harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. Harus menjadi momentum melakukan lompatan besar demi mencapai kemajuan bangsa lndonesia.

Korpri harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara lndonesia dengan aparatur sipil negara sebagai agen perekat kebhinekaannya. Kita ingin Korpri menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreativitas, yang modern dan efisien, dan yang melayani dengan jiwa dan semangat Pancasila. Korpri harus mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat lndonesia. Pembangunan harus dilakukan dari pinggiran dan dari desa, dimulai dengan pemerataan infrastruktur fisik, hingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Oleh karena itu, peran Korpri menjadi sangat vital. Korpri harus bisa menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah,” ujarnya.

Di era persaingan terbuka saat ini, ditegaskannya banyak tantangan yang harus dihadapi. lnovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dunia swasta telah menyadari hal tersebut, dan mulai berlari dengan sangat cepat. Aparatur sipil negara harus mampu mengejar ketertinggalan dalam memberikan pelayanan kepada publik yang tuntutannya semakin tinggi. Korpri harus benar-benar memahami peta kompetisi ke depan yang penuh ketidakpastian.

“Tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila,” tuturnya.

 

Pada peringatan HKN ke-53, Bupati Muharram yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan mengungkapkan, tema HKN tahun ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Hal ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Peringatan HKN ke-53 disampaikannya, menjadi momentum merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dan sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

“Peringatan HKN menjadi momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad, serta menggugah semangat kita semua, agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan,” tandasnya.

Usai upacara Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Berau, dipimpin Sekretaris Daerah Jonie Marhansyah selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan Wijaya Kesuma Tanjung Redeb. Selain itu juga digelar ramah taman bersama keluarga besar Korpri Kabupaten Berau.(advertorial/hms4/bnc)