Pemkab Berau Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Petani

 

TANJUNG REDEB – Pertanian menjadi salah satu sektor unggulan yang menjadi fokus utama dalam program pembangunan pemerintah. Sejalan dengan program tersebut, pemerintah pun terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan para petani.

Kesejahteraan para petani ini merupakan salah satu indikator yang menjadi tanda perkembangan pertanian di daerah. Dimana dengan tingkat kesejahteraan petani yang tinggi memberikan gambaran juga bahwa sektor pertanian mengalami kemajuan pesat.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Suparno Kasim menjelaskan, pertanian dalam arti luas memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan dalam mendukung penghasilan daerah. Namun, hingga saat ini potensi tersebut masih belum bisa tergarap dengan maksimal. Begitu juga dengan hasilnya yang belum bisa memberikan sumbangan besar dalam mendukung penghasilan daerah menganggantikan sektor pertambangan dan perkebunan.

Suparno Kasim menjelaskan, dalam memaksimalkan potensi ini, diharapkan agar setiap lembaga yang berhubungan dengan sektor ini bisa menggalinya dengan maksimal. Dinas Pertanian dan Peternakan juga terus memberikan dukungan dalam pengembangan ini. Salah satu fokus utama yang akan dilakukan, yaitu meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

“Pembinaan para petani melalui penyuluhan dan pembimbingan terus kita lakukan. Harapannya kesejahteraan petani bisa berubah. Dimana petani yang sejahtera menjadi indikasi pertanian berkembang, begitu juga sebaliknya,” ujarnya saat membuka Seminar Nasional dan Bedah Buku di Hotel Derawan Indah garapan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perkumpulan Menapak Indonesia, Selasa (28/11/2017) kemarin.

Ia mengungkapkan, persoalan yang dihadapi dalam pengembangan sektor pertanian cukup beragam, mulai dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), keterbatasan sumber daya modal, akses teknologi dan infrastruktur pertanian. Dalam perkembangan yang terjadi saat ini, faktor teknologi merupakan hal utama yang perlu menjadi perhatian. Dimana sarana dan prasarana pertanian yang berkembang saat ini sudah mengarah pada modernisasi.

Dalam pengembangan SDM, Suparno mengatakan, pemerintah sudah sering melakukan pelatihan, pengembangan kapasitas ekonomi serta pemberian bantuan modal kepada petani. Demi menunjang produksi pertanian yang berdampak pada kesejahteraan para petani.

 

“Kita berikan mereka semangat untuk terus berkembang. Muaranya pada peningkatan produksi pertanian yang besar. Namun, kita harus perhatikan juga kesejahteraan mereka. Pemerintah berkomitmen kuat dalam mendukung kesejahteraan ini,” tegasnya.

Mewujudkan pembangunan sektor pertanian berkelanjutan, ia pun mengharapkan agar setiap lembaga yang mengurusinya bisa langsung terjun ke lapangan. Berkomunikasi intens dengan para petani untuk mencari tahu akar persoalan yang dihadapi.

“Kita inventarisir persoalan apa saja yang ada, kemudian kita carikan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya,” pungkasnya.(advertorial/hms5/Miko Gusti Nanda/bnc)