Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Pemkab Berau Kerjasama Dengan Unair

 

SURABAYA – Setelah sebelumnya melakukan kerjasama sama dengan Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Muhammadiyah Yogjakarta, kini Pemerintah Kabupaten Berau juga melakukan kerjasama dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dengan Sekretaris Unair, Koko Srimulyo, di Kampus Unair Surabaya, Jumat (24/11/2017) lalu. Turut menghadiri penandatangan MoU Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau, M. Ghazali.

Nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan peran dan fungsi masing-masing dengan prinsip saling menguntungkan bagi peningkatan pembangunan dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Berau. Dengan ruang lingkup mencakup bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sistem teknologi informasi dan inovasi daerah, serta bidang lain yang disepakati Pemkab Berau bersama Unair.

MoU yang ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara Pemkab Berau dan Unair dalam beberapa bidang kegiatan ini, akan berlangsung selama 4 tahun sejak ditandatanganinya nota kesepahaman ini. Sebagai tindaklanjut dari nota kesepahaman ini, disampaikan Kepala Baplitbang Berau M Ghazali, akan dilakukan penyusunan perjanjian kerjasama. Beberapa program awal telah disiapkan untuk dikerjasamakan Pemkab Berau dengan Unair. Salah satunya, program pendidikan sesuai dengan jurusan yang ada di Unair. Termasuk program Strata 2 (S2) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Berau yang bisa menempuh pendidikan di Unair.

“Salah satunya program pendidikan yang akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama,” ungkap Ghazali.

 

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo menyambut baik kerjasama Pemkab Berau dan Unair dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Para peneliti dan pakar di perguruan tinggi, disampaikan Agus Tantomo, memiliki peranan penting dalam mendorong pembangunan daerah. Kebijakan yang diambil pemerintah daerah dikatakannya perlu didukung hasil kajian dari para peneliti dan ahli dari perguruan tinggi.

“Sehingga dengan kerjasama ini kita berharap para peneliti dan pakar dari Unair membantu Pemerintah Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Dalam bidang pendidikan dengan kerjasama yang dilakukan diharapkan akan semakin banyak anak-anak Bumi Batiwakkal yang mendapat kesempatan menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia ini.(advertorial/hms4/bnc)