Dukung Berau Bebas Sampah, Komisi VII DPR RI dan KLHK Bantu 15 Motor Sampah

 

TANJUNG REDEB - Sebanyak 15 unit motor sampah menambah armada pengelolaan kebersihan di Kabupaten Berau. Motor sampah bantuan dari kerjasama Komisi VII DPR RI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, secara simbolis diserahkan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Hadi Mulyadi, kepada Bupati Berau, Muharram, usai apel pagi di halaman Sekretariat Kabupaten Berau, Senin (27/11/2017).

Selanjutnya, 15 unit motor sampah tersebut diserahkan Bupati Muharram kepada Camat Tanjung Redeb Yudha Budisantosa, untuk diteruskan kepada kelurahan, serta kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, dalam menunjang kerja mewujudkan Berau bebas sampah.

Dari 15 unit motor sampah, masing-masing 8 untuk kelurahan, yakni Tanjung Redeb, Karang Ambun, Gayam, Bugis, Gunung Panjang, Sei Bedungun, Sambaliung dan Gunung Tabur. Selain itu juga, untuk mendukung destinasi pariwisata di Pulau Maratua dan Pulau Derawan masing masing 1 unit. Sementara 5 unit untuk mendukung program gotong royong masyarakat yang dikelola langsung DLHK Berau.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Hadi Mulyadi, berharap bantuan motor sampah ini dapat bermanfaat dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Berau dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. Ke depan, disampaikan politisi asal Kalimantan Timur ini, program bantuan semacam ini akan terus diusulkan agar bisa bertambah dalam mendukung program daerah.

“Harapan kami 15 motor sampah ini hanya simbol dari pada keinginan kita untuk terus menjaga lingkungan kita di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

 

Dengan semangat dan komitmen bersama menjaga lingkungan, Hadi Mulyadi berharap Tanjung Redeb dari Kabupaten Berau ke depannya dapat meraih penghargaan adipura. Bukan sekadar mendapatkan penghargaan adipura, namun ke depannya kebersihan benar-benar dapat diwujudkan di dalam kehidupan masyarakat di daerah ini.

“Saya berharap motor sampah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai motor sampah digunakan sebagai sarana lainnya. Tapi harus benar-benar berkaitan dengan lingkungan,” tegasnya.

Bupati Berau, Muharram, yang menerima bantuan motor sampah menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Komisi VII DPR RI dan KLHK yang mendukung pengelolaan sampah di Kabupaten Berau. Bantuan ini juga merupakan repson dari usulan yang disampaikan Pemkab Berau melalui DLHK kepada Komisi VII DPR RI.

“Alhamdulillah kita mendapat bantuan 15 motor sampah ini dan saya berharap ini dapat meningkatkan kinerja dalam upaya menjaga kebersihan dan menjadi semangat masyarakat dalam mewujudkan Berau bebas sampah, dan target kita untuk bisa meraih adipura,” tandasnya.(advertorial/hms4/bnc)