Wow!!! Hunian Wisatawan Ecolodge Kampung Merabu Menyatu Dengan Alam

 

KELAY – Kampung Merabu di Pedalaman Kecamatan Kelay kini menjadi salah satu kawasan destinasi wisata alam di Kabupaten Berau. Kepedulian dan komitmen masyarakat menjaga hutan, telah menjadi perhatian dunia internasional. Bahkan, wisatawan juga mulai menjadikan Merabu sebagai pilihan untuk menikmati alam yang masih asri.

Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan eco wisata di Kampung Merabu, The Nature Conservancy (TNC) mempersembahkan ecolodge bagi wisatawan yang berkunjung ke Kampung ini. Ecolodge merupakan penginapan yang ramah lingkungan, yang dibangun menyatu dengan alam.

Penyerahan bantuan ecolodge dari TNC kepada Pemerintah Kampung Merabu ini mendapat sambutan hangat dari Kepala Kampung Merabu, Franly Apriliano Olay. Dikatakanya, dengan diserahkanya 3 unit ecolodge dari TNC kepada Pemerintah Kampung, maka Kampung Merabu sudah memiliki rumah singgah bagi wisatawan dengan konsep pembangunan yang mengedepankan alam, baik dari segi material bangunan, maupun suasana yang disuguhkan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada TNC yang tak henti-hentinya selalu mendukung perkembangan pariwisata di Kampung Merabu. Kali ini keinginan Kampung Merabu memiliki hunian sementara bagi wisatawan dengan konsep eco wisata telah terwujud dengan hadirnya ecolodge ini, meskipun baru tiga bangunan untuk saat ini, ke depan kita akan upayakan penambahan bangunan kembali baik untuk kamar dan restoranya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Country Director TNC Program Indonesia, Rizal Algamar yang menyerahkan ecolodge kepada Pemerintah Kampung mengatakan, potensi wisata yang dimiliki oleh Kampung Merabu sangat tinggi dan harus mendapat dukungan dari segala pihak. Bukan hanya dari Pemerintah Daerah namun juga dari lembaga swasta seperti TNC.

Melihat potensi eco wisata yang dapat dikembangkan di Kampung Merabu, TNC akhirnya menginisiasi pembangunan ecolodge ini. Dimana, konsep yang ditawarkan benar-benar menyatu dengan alam, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Merabu dan tinggal di ecolodge ini, mampu menikmati keindahan dan kesejukan alam hutan Merabu yang selama ini telah dijaga dengan baik.

“Konsep pembangunan ecolodge ini 100 persen terbuat dari material yang mengedepankan eco wisata, kayu yang kami gunakan diambil dari perusahan yang mempraktekkan pemanenan kayu lestari dan tersertifikasi FSC (Forest Stewardship Council-red), sehingga konsep awal dari pembangunan ini sudah mengusung eco wisata. Untuk saat ini sendiri ecolodge yang diberikan TNC kepada Kampung berjumlah 3 unit bangunan yang diberi nama Merabu 1, Merabu 2 dan Merabu 3, dimana setiap bangunan memiliki fasilitas dua kamar tidur dan sejumlah fasiltas lain yang tersertifikasi ramah lingkungan,” jelasnya.

 

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo yang hadir di lokasi penyerahan ecolodge, mengapresiasi dukugan TNC terhadap pengembangan eco wisata di Kampung Merabu. Menurutnya, dukungan dari pihak swasta dalam pengembangan potensi wisata di daerah sangat perlu dilakukan, apalagi dukungan yang diberikan berupa fisik yang siap huni dan mengedepankan konsep ramah lingkungan.

“Meskipun ini bantuan swasta, saya harap proses administrasi serah terima harus tetap dilakukan secara profesional, sehingga bukan hanya bangunanya yang ramah lingkungan, tetapi adminitasi juga tertib. Saya harap bukan hanya di Merabu, dukungan pihak swasta seperti ini juga dapat dilakuan di kampung lain yang memiliki potensi wisata. Sehingga pengembangan pariwisata ini dapat berjalan baik, apalagi di tengah kondisi keuangan daerah yang sedang defisit,” tandasnya.(hms26/bnc)