Tingkatkan Kualitas Air, 3 Bulan Mendatang PDAM Tirta Segah Bakal Ganti Nozzle dan Pasir Silika

TANJUNG REDEB - Tak henti-hentinya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, PDAM Tirta Segah merencanakan akan melakukan penggantian Nozzle dan pasir Silika.

Nozzle merupakan alat penyaringan termoplastik untuk pengolahan air yang diterapkan di berbagai sektor terutama air minum, air proses demineral, perkotaan dan industri pengolahan air limbah, sungai atau penyaringan air sumur untuk irigasi, air untuk kolam renang, dan lainnya. Sedangkan, pasir silika merupakan filtrasi untuk menghilangkan warna, bau, rasa dan menjernihkan.

Penggantian tersebut akan dilakukanQ dalam rentang waktu 3 bulan mendatang, dimana penggantian komponen filter itu dilakukan pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Singkuang.

"Kemarin kan sudah kita lakukan pembersihan dan pengurasan di IPA Singkuang, tapi kami dari PDAM Tirta Segah belum puas dengan hasilnya, yakni kualitas airnya. Makanya akan dilakukan penggantian beberapa komponen penyaring agar air pengolahan yang dihasilkan juga kualitasnya semakin baik," terang Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi kepada beraunews.com, Senin (21/08/2017).

Dikatakannya, penggantian komponen filter tersebut dilakukan karena memang sudah lama tidak ada penggantian. Padahal, komponen yang ada harus diganti secara berkala, agar kualitas air tetap terjaga.

 

"Idealnya setiap 5 tahun harus diganti, tapi sepengetahuan saya di IPA Singkuang itu sudah lebih dari 5 tahun belum ada penggantian, nah kondisi ini nantinya yang akan menurunkan kualitas air pengolahan, lantaran banyaknya endapan yang tidak bisa tersaring dengan baik karena beberapa komponen filternya sudah tidak bekerja maksimal, apalagi kalau perawatannya juga tidak rutin," jelasnya.

Sedangkan untuk proses penggantiannya sendiri tidak bisa dilakukan secara cepat atau sesegera mungkin, karena komponen tersebut harus dipesan terlebih dahulu dari luar Berau.

"Untuk penggantian komponen filter ini sudah kami bicarakan di internal PDAM, dan komponennya akan dipesan dari luar Berau. Untuk pengiriman setelah pemesanan minimal 1 bulan sampai 1,5 bulan. Jadi perkiraan penggantian ya 3 bulan mendatang menunggu setelah barangnya datang," pungkasnya.(**/bnc)