Tuntaskan Sambungan Rumah, PDAM Tirta Segah Perlu Support Jaringan Pipa Distribusi

 

TANJUNG REDEB – Pemasangan sambungan rumah (SR) tahap II yang sedang berjalan prosesnya saat ini, selain mendorong untuk percepatan penyelesaian IPA 400 liter/detik, juga diharapkan dapat memberikan sinyal kepada pemerintah, khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Berau.

“Ya untuk pemasangan SR ini memang diharapkan kepada pemerintah agar bisa mensupport lagi untuk pemasangan jaringan pipa distribusi, yang memang sangat dibutuhkan dalam kelancaran proses pendistribusian air bersih ke pelanggan, yakni masyarakat Kabupaten Berau,” terang Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, saat ditemui Rabu (16/08/2017).

BACA JUGA : PDAM Tirta Segah Berharap Proyek IPA 400 Liter/Detik Segera Terealisasi

Dikatakannya, selama beberapa tahun terakhir ini, memang tidak ada penambahan jaringan pipa distribusi, yang seharusnya menjadi faktor pendukung bagi pemasangan SR.

“Mungkin karena dianggap tidak ada kebutuhan dari PDAM sendiri untuk pipa distribusi, maka pemasangan pipa distribusi dari DPUTR agak kurang,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah khususnya DPUTR, bisa mulai menganggarkan atau merencanakan lagi untuk melakukan pemasangan pipa distribusi, apalagi saat ini juga proses pemasangan SR tahap II sudah mulai berjalan.

“Ya kalau bisa dipasang lagi pipa distribusinya, khususnya untuk wilayah perkotaan dulu yang notabene masih banyak pelanggan yang rumahnya belum terpasang SR lantaran belum adanya pipa utama yang melewati daerah tempat tinggalnya, seperti misalnya di Tanjung Redeb, Sambaliung, Teluk Bayur, dan Gunung Tabur,” tegasnya.    

Untuk itu, ia berharap ini bisa menjadi perhatian pemerintah dan DPUTR, agar bisa segera ditambah lagi jaringan pipa distribusinya.

“Dengan adanya penambahan jaringan pipa distribusi, maka pelanggan yang bisa dipasang sambungan rumahnya juga akan semakin bertambah dan proses pemasangan bisa berjalan lancar, karena aliran air yang didistribusikan nantinya sudah dapat diambil melalui jaringan pipa distribusi tersebut,” pungkasnya.(**/bnc)