Daerah Dataran Tinggi Belum Kebagian Jatah Sambungan Rumah Tahap II, Ini Penjelasannya

TANJUNG REDEB – Untuk pemasangan Sambungan Rumah (SR) tahap II tahun ini, meskipun kuota pelanggan yang akan dipasang cukup banyak yakni 1.000 rumah, namun untuk calon pelanggan yang berdomisili di daerah dataran tinggi, seperti di daerah gunung, saat ini belum bisa dilayani pemasangan SR.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, ketika ditemui beraunews.com, Jumat (04/08/2017). Dikatakannya, untuk pemasangan SR tahap II tahun ini, pihaknya hanya fokus pada daerah yang memang bisa dipasang, berdasarkan hasil evaluasi teknis yang dilakukan PDAM.

“Ya memang untuk SR tahun ini, daerah yang posisinya tinggi semisal daerah Gunung Panjang, tidak kita tambah lagi SR-nya. Ini bukan tanpa alasan, karena kita mengevaluasi dari pemasangan SR tahap I sebelumnya, yang kita loskan, ternyata tidak semua mendapatkan distribusi air PDAM, lantaran daerahnya juga berada di ujung pipa,” terangnya.

BACA JUGA : 1.000 Rumah Bakal Disambungkan Air PDAM

Tetapi, meskipun di tahap kedua ini tidak bisa dilakukan pemasangan SR untuk daerah tertentu, tidak menutup kemungkinan di tahapan selanjutnya akan dilakukan pemasangan, seiring rencana penambahan kapasitas produksi PDAM.

“Bisa saja kita lakukan pemasangan, di tahapan-tahapan pemasangan selanjutnya, asalkan memang sudah tercover semua dalam artian sudah mendapatkan distribusi air PDAM. Kan kita tidak mungkin memaksakan pemasangan, yang ada malah nanti airnya semakin tidak lancar,” lanjutnya.

 

Untuk daerah Gunung Panjang dan sekitarnya memang terkadang aliran airnya tidak lancar, bahkan tidak mendapatkan air sama sekali. Ini dikarenakan, selain letak daerahnya yang tinggi, juga lantaran daerah tersebut berada di ujung pipa.

“Kalau untuk daerah yang berada di ujung pipa, memang terkadang tidak dapat air. Mungkin saja terjadi kebocoran dalam perjalanannya ke rumah pelanggan di daerah sana, atau juga karena air tidak bisa naik melewati daerah gunung lantaran terlalu tinggi,” katanya.

 

Tetapi, terlepas dari semua persoalan itu, PDAM Tirta Segah berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik, sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan air bersih dari PDAM.

“Akan terus kami upayakan agar semua daerah bisa mendapatkan aliran PDAM. Tetapi untuk pemasangannya sendiri diharapkan masyarakat bisa bersabar, apalagi untuk tahun ini juga kita dari PDAM makin selektif dalam memilih pelanggan yang akan dipasangi SR,” tutupnya.(bnc)