Komitmen Terus Jaga Kualitas Air PDAM, Giliran IPA Raja Alam Dibersihkan

 

TANJUNG REDEB – Setelah melakukan pembersihan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Teluk Bayur minggu kemarin, hari ini, Sabtu (22/07/2017), giliran IPA Raja Alam yang dibersihkan.

"Ini merupakan komitmen saya sebagai Direktur PDAM untuk selalu menjaga kualitas kejernihan air, sehingga pembersihan harus dilakukan secara rutin, agar air yang didistribusikan ke pelanggan juga tetap bersih dan jernih," terang Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, kepada beraunews.com, Sabtu (22/07/2017).

Dikatakannya, sebenarnya pembersihan IPA Raja Alam ini sudah dilakukan sebelum bulan puasa lalu, tetapi tidak menyeluruh.

"Sebelum puasa itu pembersihan hanya dilakukan pembersihan ringan. Ya memang dilakukan pengurasan, tetapi tidak keseluruhan. Sedangkan pembersihan kali ini memang dilakukan menyeluruh, mulai dari penyaringan air baku, pengendapan lumpur, hingga pembersihan dinding," ungkapnya.

Untuk proses pembersihan sendiri dilakukan dalam 2 tahap, pagi sampai siang dilakukan pengurasan pembersihan pertama, dan setelah makan siang sampai selesai, dilakukan pembersihan tahap 2.

"Karena ada 2 pabrik pengolahan air di IPA tersebut (Raja Alam-red), makanya dibuat 2 sesion. Pagi sampai siang untuk pabrik pengolahan pertama, dan dilanjutkan setelah selesai makan siang untuk pembersihan pabrik pengolahan air yang kedua," lanjutnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pembersihan ini sebenarnya sudah ada jadwalnya, yakni setiap 3 bulan sekali, 4 bulan sekali, maupun 6 bulan sekali.

"Jadwal memang ada, tetapi tidak mesti harus sesuai, karena dilihat juga dari kondisi IPAnya. Kalau memang perlu dan harus dilakukan pembersihan, maka akan dilakukan pembersihan tersebut meskipun belum dalam rentang waktu jadwalnya untuk dibersihkan," tutupnya.(bnc)