Jaga Kualitas Air di Musim Penghujan, Jadwal Pembersihan Ditambah

 

TANJUNG REDEB – Memasuki musim penghujan, kualitas air baku yang ada pada penampungan milik PDAM Tirta Segah, juga akan mengalami perubahan. Pasalnya, dengan intensitas hujan yang sedang hingga lebat, sudah pasti air sungai juga akan ikut terpengaruh, misalnya saja endapan pasir maupun kotoran yang ada di dasar sungai, bisa saja ikut naik ke permukaan.

Guna menjaga kualitas air yang akan didistribusikan ke rumah-rumah warga tetap bersih, PDAM TIRTA Segah menambah jadwal pembersihan penampungan air baku di beberapa IPA secara rutin.

"Ini sudah mulai masuk musim penghujan, dan air sungai biasanya ikut keruh, makanya kami sengaja menambah jadwal pembersihan supaya kualitas air baku dan air bersih tetap terjaga hingga nanti akhirnya disalurkan ke rumah warga," tutur Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi kepada beraunews.com, Senin (11/06/2017).

Selain menjaga kualitas air baku, diakuinya, pembersihan secara kontinyu itu juga otomatis akan menjaga kebersihan pipa sadap, dari sumbatan kotoran-kotoran yang terbawa pada saat penyedotan.

"Kita juga bisa melakukan pengecekan rutin kondisi pipa sadap sekaligus pada saat pembersihan, jadi meminimalisir sampah maupun pasir yang ikut tersedot atau tersangkut di pipa sadap," imbuhnya.

 

Sedangkan untuk jadwal pembersihan sendiri, ditambah sesuai dengan intensitas hujan yang turun.

"Kalau seperti sekarang ini kan bisa dilihat ritmenya, hari ini hujan, besoknya tidak, tetapi lusa hujan lagi. Nah, kita tambahkan jadwal pembersihannya pada sela waktu itu, setelah hujan 2 sampai 3 kali. Jadi tidak menunggu sampai seminggu," ungkapnya.

Namun, jadwal ini bisa saja berubah, jika hujan yang turun setiap hari dengan intensitas hujan lebat, maka pembersihan bisa saja dilakukan lebih intens atau lebih sering.(bnc)