Topografi Suatu Wilayah Juga Menjadi Salah Satu Faktor Pendistribusian Air

 

TANJUNG REDEB – Kendala pendistribusian air bersih dari PDAM Tirta Segah bisa juga dikarenakan kondisi topografi suatu daerah, dimana jika daerah tersebut berada di dataran tinggi seperti bukit atau gunung, maka penyaluran airnya pun tidak bisa maksimal.

Hal ini pulalah yang menjadi perhatian utama atau fokus dari PDAM Tirta Segah, ketika mendapat keluhan kurang lancarnya aliran air di daerah Gunung Panjang, Tanjung Redeb. Tetapi, untuk mengatasi hal tersebut, PDAM sudah melakukan beberapa langkah, yang setidaknya membuat pasokan air bisa menjangkau hingga ke daerah yang termasuk berada di dataran tinggi tersebut.

"Ketika mendapat laporan jika aliran air di Gunung Panjang tidak lancar, kami melakukan survei ke lokasi, guna melihat kondisi dan kendala sebenarnya. Dan ternyata memang kendala utamanya ya karena posisi rumah warga di sana berada di daerah dataran tinggi," terang Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, ketika dihubungi beraunews.com, Rabu (07/06/2017).

Dikatakannya, untuk pendistribusian air di daerah tersebut, maka pihak PDAM akan lebih mengoptimalkan kapasitas instalasi pengolahan di Singkuang, guna memasok kebutuhan air yang ada, karena sebelumnya pasokan untuk air di daerah Gunung Panjang diambil dari instalasi Raja Alam di Kilo 5, dimana pipa distribusinya berputar melewati Jalan Pembangunan, Jalan Durian, depan Rumah Sakit Abdul Rivai, dan Jalan Pulau Panjang.

"Nah, selain di dataran tinggi, wilayah ini juga posisinya memang berada di ujung pipa distribusi sehingga ada kendala teknis dalam pendistribusian, karena tekanan air tidak mampu menjangkau atau mengalir secara normal," imbuhnya.

Oleh karena itu, jika memang ada keluhan lagi terkait kurang lancarnya atau aliran air yang diterima dari PDAM Tirta Segah itu kecil, bisa jadi karena posisi rumah warga berada di dataran tinggi.

 

"Tetapi kami dari PDAM akan berusaha supaya pasokan air bisa diterima merata, meskipun posisi daerahnya berada di dataran tinggi," pungkasnya.(bnc)