Pertama Kalinya, Kompetensi Dilakukan PDAM Tirta Segah

 

TANJUNG REDEB – Pemetaan dan Kompetensi Jabatan Karyawan yang dilakukan PDAM Tirta Segah, beberapa waktu lalu, adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh PDAM sendiri.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur PDAM, Adief Mulyadi, saat ditemui beraunews.com, di sela-sela kompetensi.

"Untuk PDAM sendiri memang baru pertama kali dilakukan kompetensi ini, tujuannya karena saya ingin menata Sumber Daya Manusia (SDM) PDAM itu sendiri hingga ke depannya, agar terus lebih baik. Karena kalau kualitas SDMnya bagus, maka pelayanan yang diberikan oleh PDAM juga akan semakin baik," terangnya.

Selain itu, ditambahkan Adief, pelaksanaan kompetensi ini juga nantinya akan memberikan roadmap, rencana yang sudah terstruktur nantinya bagi jabatan karyawan di PDAM sendiri.

Diakuinya juga, hal semacam kompetensi ini tidak mudah dilakukan. Pasalnya, apa yang dilakukan hari ini, dampaknya tidak bisa langsung terlihat.

"Hasilnya tidak bisa instan dan langsung kelihatan perubahan kualitas SDMnya, bahkan mungkin baru terlihat atau terasa nanti pada saat saya sudah tidak menjabat lagi di PDAM Tirta Segah. Kan masa kerja saya juga terbatas, sedangkan hasil pembenahan ini mungkin saja terlihat 5 tahun ke depan," imbuhnya.

Meskipun begitu, Adief mengaku jika kompetensi ini memang harus dilakukan. Terlebih jika mengemban amanah sebagai seorang pemimpin, yang memiliki visi pengembangan SDM karyawannya.

BACA JUGA : PDAM Tirta Segah Lakukan Pembenahan SDM

"Semua ini demi peningkatan kualitas SDM. Dan saya rasa ini sudah seharusnya memang dilakukan," tegasnya.

Untuk kompetensi ini sendiri, dikatakan Adief, untuk keseluruhan Kalimantan Timur, baru beberapa yang melakukannya. Bahkan, mungkin baru 1 atau 2 PDAM, itupun yang sudah maju dan lebih besar.(bnc)