PDAM Tirta Segah Lakukan Pembenahan SDM

 

TANJUNG REDEB – Bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Tanjung Redeb, Sabtu (03/06/2017), PDAM Tirta Segah menggelar pemetaan dan penyusunan kompetensi jabatan karyawan, yang diikuti oleh seluruh pegawai.

Diikuti 102 karyawan dari seluruh jabatan pekerjaan di PDAM Tirta Segah, kompetensi dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni kelompok pertama diikuti 52 pegawai yang dilaksanakan jam 8.00 Wita - 12.00 Wita. Sedangkan tahap kedua diikuti 50 pegawai yang dilaksanakan mulai jam 13.00 Wita - 17.00 Wita.

Diakui Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi ketika ditemui beraunews.com, di sela-sela kompetensi, mengungkapkan bahwasannya hal ini merupakan salah satu kunci untuk memperbaiki pelayanan PDAM, melalui pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM)nya.

“Di tahun sebelumnya kami sudah melakukan pembenahan sistem produksi, dan di tahun kedua atau tahun ini kami melakukan pembenahan personel orangnya atau pegawainya. Dimana tes ini juga untuk memperoleh gambaran kondisi SDM di PDAM Tirta Segah,” terangnya.

 

Kompetensi yang berlangsung selama 3 bulan ini, melibatkan konsultan profesional. Untuk bulan pertama, fokus kepada tes tertulis dan penugasan, bulan kedua tes lebih dalam lagi yakni wawancara pribadi masing-masing personel, dan di bulan terakhir dilakukan diskusi kelompok, yang kemudian diberi tugas, dimintai pendapat, dan dinilai.

“Bulan November nanti barulah didapat kondisi SDM personel seperti apa, sehingga ada standar kompetensi porsi untuk tiap jabatan di PDAM ini. Tak hanya itu, untuk ke depannya juga akan semakin banyak manfaatnya. Jika suatu saat ada program pelatihan dan pengembangan SDM, maka sudah ada rencana-rencana. Bahkan, untuk rekrutmen pegawai selanjutnya juga sudah ada kualifikasi dan sudah terkonsep, terencana secara profesional,” imbuhnya.(bnc)