Air PDAM Keruh? Laporkan Dulu ke PDAM Tirta Segah

 

TANJUNG REDEB – Kondisi air PDAM Tirta Segah yang beberapa hari mendapat kritikan dari masyarakat lantaran keruh, berwarna kecokelatan, maupun terdapat lumut-lumut, ditanggapi oleh Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi.

Saat dihubungi beraunews.com, Jumat (19/05/2017), Adief menjelaskan jika kondisi air ini bukan sepenuhnya berasal dari aliran pipa penampungan PDAM.

“Jika kondisi sedang hujan ya wajar saja kalau air yang masuk ke rumah pelanggan kondisinya keruh bahkan terkadang berlumpur, karena air baku yang diambil dari sungai juga sedang dalam kondisi tidak jernih. Tetapi, jika cuaca cerah bahkan panas seperti beberapa hari belakangan ini, bisa jadi karena pada saat air mengalir ke rumah pelanggan, terdapat hambatan di tengah jalan misalnya ada kebocoran, sehingga kotoran yang ada di sekitar pipa yang mengalami kebocoran, justru ikut masuk ke dalam aliran pipa ke rumah warga,” terangnya.

 

Jika ada pelanggan yang mengalami kondisi seperti ini (air yang diterima keruh atau kecokelatan-red), ia mengimbau agar bisa melakukan pelaporan kepada pihak PDAM, agar bisa ditindaklanjuti. Namun, jika memasuki musim penghujan yang cenderung sedang hingga deras, pelanggan diharapkan bisa memaklumi kondisi air yang tidak seperti biasanya.

“Jadi, kalau memang air yang diterima pelanggan tidak jernih, bisa laporan dulu ke kami, supaya bisa dicek ke lapangan, apa yang sebenarnya membuat air itu menjadi keruh. Terlebih karena pelanggan juga biasanya hanya tahu airnya mengalir lancar atau tidak, tinggal putar kran, makanya disarankan untuk melaporkan terlebih dahulu agar diketahui penyebabnya dan bisa diambil tindakan,” imbuhnya.(bnc)