Rutin Jaga Kualitas Air, Ini Cara-Cara yang Dilakukan PDAM Tirta Segah

 

TANJUNG REDEB – Untuk meningkatkan kualitas air yang akan didistribusikan kepada seluruh pelanggannya, PDAM Tirta Segah, terus melakukan upaya-upaya perbaikan dan pengendalian kualitas air.

Hal itu diakui oleh Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, yang mengatakan selama ini pihaknya terus melakukan pengendalian kualitas demi kenyamanan pelanggan.

“Kami tentu tidak akan membiarkan kualitas air menjadi buruk. Jadi secara berkala kami terus melakukan peningkatan kualitas air. Salah satu tujuannya agar pelanggan tidak kecewa,” ucapnya kepada beraunews.com, Kamis (18/05/2017).

Adapun yang dilakukan pihaknya untuk memperbaiki dan mengendalikan kualitas air diantaranya melakukan pengurasan atau pembersihan minimal satu kali dalam setahun dan pengurasan atau pembersihan rutin Instalasi Pengolahan Air (IPA) setiap tiga bulan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan uji kualitas air secara berkala melalui laboratorium yang terakreditasi. Setiap tiga bulan juga dilakukan pengujian parameter lengkap (parameter fisika, biologi dan kimia) untuk seluruh IPA dengan bekerjasama dengan laboratorium kesehatan Daerah Provinsi Kalltim.

“Pengujian parameter pokok setiap  bulannya di laboratorium internal PDAM,” ujarnya.

Pihaknya juga menggunakan bahan penjernih air yang berkualitas. Bahan-bahan penjenih air yang digunakan, dipersyaratkan untuk memenuhi standar nasional Indonesia dan sertifikasi halal MUI.

 

“Bahan penjenih air yang kita pakai meliputi caustic soda (menetralkan air), poly alumunium chloride-PAC (mengendapkan lumpur), dan kaporit (membunuh kuman dan lumut),” jelasnya.

Pembersihan jaringan pipa distribusi kepada pelanggan juga dilakukan. Sebab kualitas air yang dihasilkan diakuinya tidak hanya tergantung dari proses yang terjadi di IPA,  namun juga dipengaruhi oleh kebersihan jaringan pipa.

“Secara umum kondisi kualitas air yang dihasilkan dari IPA maupun yang sampai di pelanggan, kualitasnya sudah cukup baik,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia