Pelanggan Setujui Tarif Air Naik, Asal….

 

TANJUNG REDEB – Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Pelanggan (SKP) yang dilakukan PDAM Tirta Segah, beberapa waktu lalu, hampir setengah dari pelanggan yang mengikuti SKP bersedia untuk membayar tarif lebih tinggi, namun dengan beberapa catatan. Diantaranya, PDAM Tirta Segah harus mampu meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas air yang disalurkan kepada para pelanggan.

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, saat mempublikasikan hasil SKP di Hotel Grand Parama, beberapa waktu lalu. Dalam pemaparannya terkait hasil SKP tersebut, dari 84 orang peserta SKP, setidaknya ada 54,88 persen pelanggan yang bersedia membayar tarif lebih tinggi apabila PDAM mampu mengatur jadwal air dengan baik.

“Dari survei kita, rata-rata pelanggan tidak mempermasalahkan apabila PDAM menaikkan tarif. Asal kualitas, kuantitas dan kontinuitas air juga dapat lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, pelanggan yang bersedia membayar tarif lebih tinggi apabila PDAM mampu meningkatkan kualitas, kuantitas, kontinuitas airnya yakni sekitar 59,76, 56,63 dan 61,73 persen.

Tak hanya kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, pelanggan juga bersedia membayar tarif air lebih tinggi jika PDAM mampu meningkatkan tekanan air agar menjadi lebih lancar, dengan presentasi 58,97 persen.

“Kalau dilihat dari hasil survei, memang untuk menaikkan tarif butuh kinerja yang maksimal lagi dari pihak kami. Sehingga tidak menjadi masalah apabila tarif naik, yang penting pelanggan merasa pelayanan air juga memuaskan,” ujarnya.

Tak kalah banyak, pelanggan juga bersedia untuk membayar tarif lebih tinggi apabila PDAM mampu meningkatkan sistem prosedur meter air, sistem penagihan dan pembayaran air, yakni sekitar 53,09 hingga 61,73 persen.

Dengan begitu, untuk menaikkan tarif, pihaknya akan melakukan peningkatan terlebih dahulu pada seluruh aspek tersebut. Sehingga apa yang dibebankan kepada pelanggan akan sesuai dengan yang diberikan dari PDAM Tirta Segah.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia