Apresiasi Pelanggan Akan Jadi Kegiatan Rutin

 

TANJUNG REDEB – Kejutan yang diberikan PDAM Tirta Segah secara undian kepada sepuluh pelanggannya, diakui Direktur PDAM tirta Segah, Adief Mulyadi, merupakan yang pertama kali dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

Tak hanya semata-mata karena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-34, pemberian hadiah kepada pelanggan beruntung yang selalu taat dalam melakukan pembayaran setiap bulan tersebut, juga diakuinya agar para pelanggan yang kerap menunggak dalam melakukan pembayaran menjadi tepat waktu.

"Ini memang yang pertama kali kami lakukan hal-hal seperti ini. Sebelumnya, kami tidak pernah memberikan apresiasi kepada pelanggan yang patuh dalam pembayaran. Kami rasa, ini harus diberikan. Sebab tidak semua pelanggan yang bisa tepat waktu dalam pembayaran," ungkapnya.

Dalam memberikan hadiah kejutan kepada para pelanggan tersebut, pihaknya pun sengaja menggunakan cara yang tidak biasa. Dengan menyusun skenario agar pelanggan mengeluarkan ekspresi yang juga tidak biasa saat diberikan hadiah oleh pihaknya.

"Kami sengaja memberikan hadiah kepada pelanggan, namun sebelumnya kami berpura-pura mengatakan bahwa pelanggan bersangkutan telah menunggak pembayaran selama setahun, sehingga terpaksa meterannya disegel," ucapnya.

Dengan skenario tersebut, dikatakannya ada beberapa pelanggan yang sempat meluapkan emosinya, mulai dari tangisan hingga amarah yang tidak terbendung. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, sebab kebahagiaan disertai rasa syukur dari para pelanggan atas kejutan yang diberikan.

"Sempat ada yang menangis, marah, bahkan kamera salah satu wartawan yang menyertai tim kami untuk melakukan skenario hampir dibanting oleh salah satu pelanggan tersebut. Sebab mereka kaget, rajin bayar tiap bulan malah ditagih dan bahkan mau disegel," katanya.

Tak hanya kali ini, ia mengatakan kegiatan untuk memberikan apresiasi kepada para pelanggan juga rencananya akan menjadi agenda rutin bagi pihaknya. Ia pun berharap apa yang dilakukan pihaknya dapat menjadi sebuah motivasi bagi pelanggan untuk selalu tepat dalam pembayaran.

"Bisa jadi tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali kita lakukan hal seperti ini. Meski tidak selalu mengerjai pelanggan seperti yang kita lakukan sebelumnya. Kami sangat berharap akan tumbuh kesadaran bagi pelanggan untuk tidak menunggak setiap bulannya, tentunya dengan usaha kami untuk selalu memperbaiki kualitas dan kontinuitas," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia