PDAM Tirta Segah, Institusi Pelayanan Publik Pertama di Berau yang Melakukan SKP

 

TANJUNG REDEB – Hasil Survei Kepuasan Pelanggan (SKP) PDAM Tirta Segah, yang dilakukan beberapa waktu lalu akhirnya dipublikasikan pada Rabu (15/03/2017), di Hotel Grand Parama.

Lewat SKP tersebut, kurang lebih 200 pertanyaan dimuat dalam lembar kuisioner seputar pelayanan PDAM Tirta Segah dalam beberapa tahun belakangan, yang kemudian dijawab langsung oleh sekitar 150 pelanggan yang berasal dari berbagai kecamatan.

Apa yang dilakukan PDAM Tirta Segah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat yang menjadi pelanggan air bersih tersebut, merupakan yang pertama kali dilakukan oleh institusi pelayanan masyarakat, khususnya di Berau.

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka menjalankan amanah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), agar seluruh institusi pelayanan publik melakukan SKP setiap tahunnya.

"Kalau dibilang institusi pertama yang melakukan SKP, kami sangat tersanjung sekali ya. Tapi sebenarnya bukan itu yang kami kejar. Bukan persoalan pertama atau bukan yang pertama, melainkan ini sebagai bentuk tanggung jawab kami pada pelanggan untuk menanyakan seberapa puas mereka dengan pelayanan kami," jelas Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, kepada beraunews.com, Kamis (16/03/2017).

 

Selain itu, melalui SKP pula dapat terjawab sudah sampai dimana pencapaian yang dilakukan PDAM tirta Segah dalam melayani pelanggan. Memastikan langkah apa yang akan diambil pihaknya dalam menuntaskan keluhan pelanggan baik dalam soal kualitas maupun kontinuitas pelayanan.

"Yang ingin kami pastikan melalui SKP ini, sejauh mana kami melayani masyarakat. Kami berangkat dari mana, akan menuju kemana dan apa langkah selanjutnya, itu yang ingin kami pastikan, dan jelas melalui ini kami ingin menuntun diri menjadi institusi pelayanan masyarakat yang dapat memberikan pelayanan dengan hati," ujarnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia