Bentuk Simpati, Pemindahan SR Warga Pulau Panjang Digratiskan

TANJUNG REDEB – Sebagai bentuk simpati terhadap warga Jalan Pulau Panjang, Kelurahan Gunung Panjang, yang bersengketa atas lahan beberapa bulan lalu, PDAM Tirta Segah memberikan dukungan moril berupa pemindahan sekitar 28 rumah yang memiliki sambungan rumah (SR) di area tergusur, secara cuma-cuma alias gratis.

Dengan bermodalkan surat keterangan pindah dari RT dimana warga Pulau Panjang tersebut pindah, pihak PDAM Tirta Segah melakukan penyambungan SR gratis, bahkan hingga ke peralatan, seperti meteran air yang baru.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Pelayanan, Nasrudin, saat ditemui beraunews.com, Selasa (14/03/2017).

"Memang saat terjadi sengketa lahan yang berakhir penggusuran terhadap puluhan kepala keluarga di sana, kami berinisiatif untuk melakukan hal ini. Alasannya cuma satu, yakni kami ingin mengurangi beban mereka, karena pada saat itu kami melihat mereka sebagai orang-orang yang sedang tertimpa musibah," ujarnya.

Pemindahan SR gratis tersebut dilakukan PDAM Tirta Segah selama tempat tinggal atau rumah yang akan disambung SR baru harus memiliki jaringan pipa, dan berada di empat kecamatan terdekat saja, yakni Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Gunung Tabur, dan Sambaliung.

"Selama ada jaringan pipa dan masih dalam area empat kecamatan terdekat, maka kami lakukan pemindahan tersebut, dan yang paling penting harus menyertakan surat keterangan bahwa warga bersangkutan memang pindah di daerah tersebut. Karena kita tidak mau apa yang kita lakukan ini justru dimanfaatkan untuk yang tidak baik, semisal menjual SR kepada orang lain," jelasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi mengatakan, saat ini pemindahan SR warga Pulau Panjang tersebut sudah selesai keseluruhan. Ia pun berharap apa yang telah dilakukan pihaknya dapat bermanfaat bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan air bersih di tempat tinggal yang baru.

"Saya katakan untuk pemindahan SR milik warga Pulau Panjang ini memang kami gratiskan atas rasa kemanusiaan dan simpati kami pada mereka. Biaya nol persen. Semua ditanggung pihak kami. Semoga dengan begitu dapat membantu warga-warga tersebut," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia