Kalau Bisa Setiap Tahun Ada Pemasangan Meteran Air

 

TELUK BAYUR – Setelah menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan air bersih, warga Kecamatan Teluk Bayur bisa tersenyum lega. Pasalnya, PDAM Tirta Segah sudah melakukan pemasangan meteran air di beberapa rumah warga di sana.

Neng Kuswanti, salah satu warga Teluk Bayur yang mendapat layanan pemasangan meteran air PDAM ini, mengaku sangat gembira.

“Setelah menunggu sejak 2011, akhirnya saya sekeluarga bisa menikmati air bersih. Yang sebelumnya harus merogoh kocek lumayan tiap bulannya, rata-rata Rp100 ribu hanya untuk pembayaran air, sekarang bisa menggunakan air ini sepuasnya,” terangnya kepada beraunews.com, Rabu (08/02/2017) siang ditemui di rumahnya, Jalan Stasiun III RT 13 Teluk Bayur.

Sebelum adanya pemasangan meteran air ini, Neng (sapaan akrabnya) menggunakan pipa sambungan dari tetangga terdekatnya, yang sudah memiliki meteran air PDAM. Tetapi, hal ini diakuinya tidak menjamin ia bisa mendapatkan air setiap hari.

“Namanya juga berbagi ya, apalagi aliran air di Teluk Bayur sini, terlebih untuk rumah yang letaknya di ujung, ya kadang deras, kadang kecil, bahkan kadang tidak keluar sama sekali. Nah derasnya itu malam hari, kalau tidak mau begadang menunggu air mengalir, otomatis tidak dapat air sama sekali. Belum lagi tagihan bulannya yang terkadang dianggap terlalu besar,” bebernya.

BACA JUGA : Sempat Kecewa, Tapi Berterimakasih

Kini, sejak adanya meteran air atas namanya sendiri yang sudah terpasang sejak November 2016, ia mengaku bisa sepuasnya menggunakan air. Meskipun kadang kalau siang aliran airnya masih kurang lancar atau kecil, tetapi malam harinya sangat deras.

Sebelum adanya pemasangan ini, ia mengaku sempat beberapa kali mendatangi kantor PDAM, untuk meminta prioritas pemasangan meteran air. Bahkan, ia juga mengaku pernah meminta meteran air tak terpakai atau tanpa pelanggan alias fiktif, yang dicabut kemudian dipindahkan ke rumahnya.

“Iya pernah juga saya meminta didahulukan, meskipun harus bayar lebih mahal, tetapi ditolak sama pihak PDAM, karena memang belum ada proyek pemasangan di daerah saya,” terangnya.

Neng berharap, setiap tahunnya ada program pemasangan meteran air dari PDAM, agar warga yang sudah mendaftar tidak perlu menunggu lama, dan bisa segera merasakan air bersih juga.

Warga Jalan Stasiun III Teluk Bayur lainnya, Senam, juga mengungkapkan hal senada. Baginya, adanya pemasangan meteran air PDAM ini menjadi berkah baginya dan keluarga.

“Alhamdulillah, saya termasuk yang beruntung karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati air bersih, karena setelah mendaftar, jeda sebulan saya sudah mendapatkan layanan pemasangan meteran air,” ucapnya.

“Pak RT memberitahu sebelumnya kalau akan ada pemasangan meteran air PDAM. Bagi yang sudah terdaftar lama, pastinya akan mendapatkan meteran air, dan untuk yang mau, mumpung ada proyek pemasangan, bisa mendaftar sekalian agar bisa segera dipasang meterannya, bersamaan dengan yang lain. Makanya saya ikut mendaftar,” lanjutnya.

Tambahan pipa air sebanyak 5 batang juga didapatkan Neng dan Senam, lantaran jarak meteran air dan rumah yang cukup jauh, sekitar 300 meter.(bnc)