Sempat Terkendala, 20 Rumah di Gunta Siap Nikmati Sambungan PDAM

 

GUNUNG TABUR – Pemasangan 20 Sambungan Rumah (SR) di Jalan Bulungan, Kecamatan Gunung Tabur, sempat mengalami kendala akibat kondisi jalan yang tengah masuk dalam proses pengerjaan aspal oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Hal itu disampaikan Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, saat berkunjung ke beraunews.com, Rabu (08/02/2017).

Dikatakannya, 20 warga tersebut telah mendaftar sejak tahun lalu, tepatnya bulan November. Bahkan, pembayaran untuk penyambungan SR tersebut juga telah diterima pihaknya sejak pendaftaran.

Namun, setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan, kondisi jalan yang sedang dalam masa pengerjaan aspal terlalu dekat dengan posisi rumah warga, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pemasangan.

 

"Posisi rumah warga tepat berada di pinggir jalan aspal. Sedangkan aspal itu masih dalam masa pengerjaan kontraktor. Kita dilarang untuk menganggu atau menggali apapun sebelum masa pengerjaan aspal itu selesai," ujarnya.

Untuk mencari solusi terkait kendala tersebut, pihaknya kemudian mencoba berkoordinasi dengan DPU. Pihak DPU mengizinkan dengan syarat, agar PDAM Tirta Segah mengembalikan kondisi jalan tersebut seperti semula dan tidak bertanggungjawab jika suatu saat ada audit ataupun pemeriksaan.

"Syaratnya cukup berat. Akhirnya kita memberikan dua pilihan, apakah kita menunda pekerjaan itu sampai masa perawatannya selesai, yang artinya kita bisa kerjakan pada bulan Juli mendatang. Atau kita kembalikan seluruh uang pelanggan yang terlanjur dibayarkan," katanya.

 

Namun, setelah kembali melakukan peninjauan lokasi bersama tim PDAM Tirta Segah lainnya, diputuskan untuk menyiasati kondisi jalan yang ada agar pemasangan SR di rumah warga tersebut dapat terus berjalan.

"Kami putuskan untuk menggali melalui samping drainase. Sekarang sudah mulai berjalan. Kita tidak merusak aspal, tapi bisa dipasang karena yang dirusak hanya cor semen biasa, lebih mudah mengembalikannya. Jadi 20 rumah itu, tinggal menunggu waktu saja untuk menikmati air bersih dari PDAM," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia