Program Pemasangan SR di Kampung, Plus Perawatan Gratis

 

TANJUNG REDEB – Tak hanya melakukan pemasangan Sambungan Rumah (SR) di empat kecamatan dalam Kota, PDAM Tirta Segah juga memperluas pelayanan pemasangan SR di perkampungan. Kali ini, ada dua kampung yang menjadi konsentrasi PDAM, yakni Labanan Jaya dan Labanan Makmur.

Dalam wawancaranya bersama beraunews.com, Rabu (25/01/2017), Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi mengatakan, hingga Januari 2017 ada sekitar 500 SR yang telah dirampungkan di dua kampung tersebut. Namun, pihaknya masih akan terus menerima sekitar 200 hingga 500 SR lagi, sebab kapasitas Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di dua Kampung tersebut masih cukup memadai.

"Kita sudah umumkan kepada masyarakat terkait dengan pelayanan PDAM ini. Dimulai sejak awal Januari lalu, pemasangan cukup berjalan lancar dan sudah mulai bisa dinikmati masyarakat. Kita juga berani menambah SR, karena IPA di sana itu masih bisa kalau sampai 1.000 SR, sebab kapasitas IPA di sana untuk per detiknya bisa mencapai 20 liter," jelasnya.

BACA JUGA : Lima Bulan, PDAM Tirta Segah Berhasil Rampungkan 2.054 SR

Berbeda dengan wilayah perkotaan yang mengalami beberapa kendala pada saat pemasangan, seperti badan jalan yang telah dicor, ataupun pipa yang terkubur dalam, kendala pemasangan SR di dua kampung tersebut justru karena seringnya terjadi kebocoran pipa akibat kapasitas air pada IPA yang cukup besar.

"Kalau kendala, paling hanya kebocoran pipa saja di sana. Sering sekali. Karena debit airnya yang cukup deras," ujarnya.

Ia juga menambahkan, pada Februari mendatang pihaknya akan melakukan perawatan gratis kepada seluruh pelanggan di dua kampung tersebut. Perawatan tersebut seperti melakukan perbaikan pada pipa, ataupun water meter yang mengalami kebocoran. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan PDAM Tirta Segah kepada masyarakat khususnya pelanggan.

"Kami juga akan lakukan perawatan pipa maupun water meter milik pelanggan yang semuanya dibiayai oleh PDAM. Jadi sambil melakukan pemasangan SR baru, sambil juga melakukan perawatan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia