PDAM Tirta Segah Gelar Survei Kepuasan Pelanggan

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka meningkatkan nilai kinerja pada program kerja di tahun 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah, menggelar Survei Kepuasan Pelanggan (SKP), Rabu (28/12/2016), di Hotel Derawan Indah.

Dengan mengundang pelanggan secara acak dari setiap Kecamatan yang ada, sekitar 85 pelanggan dari 150 pelanggan yang diundang menghadiri kegiatan tersebut.

Disampaikan Ketua Panitia Pelaksana SKP yang diwakilkan oleh Syahril, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) yang meminta kepada seluruh instansi pelayanan publik untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat minimal sekali dalam satu tahun, guna mengetahui tingkat kepuasan dan keluhan masyarakat yang mendapat pelayanan tersebut.

Pelaksanaan SKP tersebut juga menjadi dasar untuk melaksanakan program kerja PDAM Tirta Segah di tahun-tahun selanjutnya. Selain itu, belum adanya umpan balik dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan pihaknya selama ini juga menjadi alasan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

 

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menyusun rencana bisnis di tahun yang akan datang, dan salah satu rekomendasi dari audit kerja PDAM yakni diharapkan dapat tingkatkan nilai kerja PDAM di tahun-tahun selanjutnya. Kami juga ingin mengetahui apakah selama ini pelanggan sudah puas atau masih banyak yang kurang dari pelayanan kami selama ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi dalam sambutannya mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut pihaknya dapat mengintrospeksi diri dan memperbaiki serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya juga akan terus berbenah baik dari segi kualitas, kuantitas hingga kontinuitas serta menambah cakupan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Tujuan utama kita sebenarnya adalah bagaimana melalui kegiatan seperti ini dapat tercipta silaturahmi dan kedekatan antara PDAM dengan pelanggan maupun pelanggan dengan pelanggan sendiri. Apapun nantinya yang akan diutarakan kepada pihak kami akan menjadi bahan introspeksi kami untuk memperbaiki sistem yang ada menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Seluruh pelanggan yang hadir dalam kegiatan SKM tersebut, masing-masing memberikan tanggapan, kritik, saran, keluhan maupun pertanyaan kepada PDAM Tirta Segah melaui kuisioner yang telah disediakan oleh pihak PDAM sebagai bahan survei kepuasaan pelanggan tersebut.(Marta)