PDAM Tambah Kapasitas IPA Labanan Menjadi 100 Liter/Detik

 

TELUK BAYUR – Kampung Labanan saat ini menjadi salah satu kampung yang terus berkembang pesat. Semakin pesatnya perkembangan tersebut tentunya berdampak pada melonjaknya kebutuhan air bersih di Labanan, Kecamatan Teluk Bayur. Menyikapi hal tersebut, PDAM Tirta Segah, berupaya melakukan penambahan kapasitas Instalasi Pegolahan Air (IPA) Labanan agar masyarakat setempat dapat tercukupi kebutuhan air bersihnya.

Menurut Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, penambahan kapasitas IPA tersebut selain perkembangan Labanan, juga lantaran wilayah Labanan cukup potensial, terlebih adanya rencana menjadikan Labanan kawasan kota mandiri.

“Atas dasar itu, PDAM mempersiapkan insfrastruktur yang bisa disiapkan, diantaranya dengan menambah kapasitas IPA yang semula hanya 20 liter/detik, kini menjadi 100 liter/detik,” ujarnya kepada beraunews.com baru baru ini.

Selain itu, setelah IPA tersebut telah siap, Adief juga berencana mengajukan penambahan pengolahan lagi. Walaupun dengan kapasitas yang ada saat ini sudah sangat memadai untuk melayani masyarakat Labanan Makmur dan Labanan Jaya, dengan jumlah sambungan sekitar 600 rumah.

“Jumlah sambungan ini pastinya akan terus bertambah, jika tidak ada halangan tahun 2017 mendatang kita akan menambah jaringan dari yang semula 2 kampung menjadi 4 kampung, meliputi Labanan Jaya, Labanan Makmur, Labanan Makarti dan Lamin dengan target minimal 1.500 sambungan rumah,” bebernya.

Secara teknis, seluruh kebutuhan pengolahan IPA Labanan, mulai dari kebutuhan listrik, petugas pengelola, air baku telah terpenuhi. Dengan segala kebutuhan yang telah tersedia itu, pihak PDAM sangat optimal mengelola IPA.

“Saat ini sendri progres pembangunan penambahan mesin pengolahan air mencapai 75 persen dan ditargetkan akhir 2016 sudah rampung. Proyek ini sendiri menelan anggaran sekitar Rp10 miliar yang diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)