Ternyata!!! Jaringan Pipa PDAM Tak Pernah Dibersihkan

 

TANJUNG REDEB – PDAM Tirta Segah kembali melakukan pembersihan jaringan pipa yang ada di dalam kota. Caranya, dengan membuka sejumlah katup penguras (washout) yang ada di sejumlah titik. Pembersihan pipa dilakukan, menyusul masih adanya keluhan masyarakat terkait kualitas air yang diterima keruh, berwarna kuning atau kecoklatan.

Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi yang memimpin langsung jalannya pembersihan pipa di kawasan Jalan AKB Sanipah I mengatakan, di wilayah Tanjung Redeb terdapat 3 jaringan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang terbagi menjadi 8 blok. Banyaknya keluhan warga terkiat kualitas air yang diterima, membuat pihaknya segera melakukan pengecekan ke lapangan.

“IPA Singkuang sudah dibersihkan, IPA Sambaliung sudah dibersihkan, IPA Raja Alam juga sudah, tapi masih ada warga yang menerima air warnanya kuning, jadi kemungkinan besar pipa induk yang mendistribusikan ke rumah warga ini kotor. Jadi kita bersihkan jaringan pipa yang ada dengan membuka washout-nya biar air yang kotor keluar,” ungkapnya di sela-sela pembersihan pipa, Selasa (25/10/2016).

BACA JUGA : Jaga Kualitas Air Bersih, PDAM Tirta Segah Lanjutkan Pembersihan IPA

Lokasi jaringan pipa PDAM yang dibersihkan petugas secara keseluruhan mencapai 7 titik, yakni di kawasan Jalan Pulau Panjang, Mangga III, Murjani II, AKB Sanipah I, Milono, Cempaka dan Jalan Dermaga.

Dalam inspeksi pembersihan jaringan pipa itu, Adief menemukan sejumlah fakta yang mencengangkan. Dari hasil rapat terbatas dengan staf dan petugas lapangan, diketahui jika selama bertahun-tahun jaringan pipa PDAM tidak pernah dibersihkan.

“Saya kaget, ternyata selama bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan ini jaringan pipa. Selain itu, ini baru pertama kali juga kita melakukan uji kualitas air di IPA Singkuang dan Sambaliung. Jadi selama ini, bagaimana pengelolaanya,” tanyanya.

BACA JUGA : PDAM Mulai Pembersihan Reservoir IPA Singkuang, Pelayanan Sedikit Terganggu

Pembersihan pipa yang dilaksanakan sejak pagi hari itu, ditargetkan rampung hari ini juga.

“Kita target selesai 1 hari ini pokoknya,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)