DPU Optimis Serapan Anggaran Di Atas 90 Persen

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, Taupan Majid mengaku optimis penyerapan APBD 2016 dapat mencapai lebih dari 90 persen hingga akhir Desember, meskipun hingga Oktober baru mencapai 50 persen.

“Kita optimis saja, masih dapat di atas 90 persen,” ungkap Taupan kepada beraunews.com usai menghadiri rapat membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016 bersama Komisi III DPRD Berau di Sekretariat DPRD Berau, Jalan Gatot Subroto beberapa waktu lalu.

Usai defisit anggaran, dijelaskan Taupan, pihaknya masih mengelola anggaran sekitar Rp600 miliar. Yang sudah terserap mencapai Rp300 miliar. Baik, itu pembayaran progres proyek di Bina Marga, Pengairan maupun Cipta Karya (Bangunan).

"Berarti 50 persenan, baru separuh kita ambil uangnya. Mudah-mudahan digenjot lagi ini," ujarnya.

Progres penyerapan yang masih diangka 50 persen dari anggaran yang dikelola tahun ini, dinilai Taupan, dikarenakan masih banyaknya pelaksanaan proyek pembangunan dengan pagu anggaran tinggi, yang baru dimulai di akhir triwulan kedua. Bahkan, ada yang baru masuk di triwulan ketiga.

“Inilah paket-paket yang besar, masih banyak. Masih banyak yang besar-besar belum tertarik, banyak yang kontrak baru mulai semua. Kemarin pengumuman kan, ada yang beberapa bulan lalu baru pengumuman kan,” katanya.

Proyek pekerjaan yang baru progres pengerjaan, dicontohkan Taupan, peningkatan jalan di Kecamatan Maratua, peningkatan jalan SP2-SP6 di Kecamatan Segah, dan kegiatan-kegiatan peningkatan jalan lainnya, yang berada di Bina Marga.

“Itu besar-besar dananya,” ucapnya.

Meskipun, ada bidang yang masih memiliki progres serapan anggaran rendah, ditambah Taupan, ada juga bidang yang serapan anggarannya sudah menunjukkan progres yang memuaskan, seperti bidang Cipta Karya. Salah satunya, pembangunan gedung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang sudah dirampungkan.

“Hampir selesai ini, gedung Diskoperindag (Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan), Inspektorat hampir selesai. Kemudian, gedung Pariwisata juga hampir selesai. Gedung pemerintah di Jalan Diponegoro, 60 persen struktur sudah jadi, itu kan dananya baru separuh. Rata-rata sudah mau selesai semua ini jadi di bulan ini sampai bulan depan itu, banyak bangunan gedung yang selesai,” tambahnya.

Hal senada pun disampaikan Kepala Bidang Bina Marga DPU Berau, Rusnan Hepni. Dari 85 paket pekerjaan, sebanyak 81 berhasil dilelang. Sisanya sebanyak 4 paket tidak dilelang akibat defisit anggaran. Salah satu proyek pembangunan yang telah rampung, salah satunya peningkatan jalan Ibu Kota Kecamatan (IKK) Sambaliung, Teluk Bayur, Bebanir Bangun dan lainnya.

“Yang dibatalkan itu peningkatan Jalan Milono, Geometrik jalan sama pemeliharaan jalan dalam kota. PHO (Provisional Hand Over atau disebut serah terima pertama proyek-red) juga terus berjalan,” pungkasnya.(Andi Sawega)