Kunjungi Stan Expo, Istri Mendagri Apresiasi Kinerja Tim PKK Berau

 

TELUK BAYUR – Ketua Umum Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, Erni Guntarti, menyempatkan diri mengunjungi stan Expo PKK Berau, di Pasar Sanggam Adji Dilayas, Teluk Bayur, Kamis (15/9/2016).

Istri dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, tersebut juga mencicipi beberapa kue jajanan tradisional yang dibuat oleh tim PKK Berau dalam pembukaan Expo Berau tersebut.

Selain kue, beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas yang diolah ibu rumah tangga dari berbagai Kecamatan juga ditampilkan untuk menarik perhatian pengunjung Expo, juga diapresiasi oleh Erni.

“Bagus sekali ya. PKK di sini (Berau-red) sudah cukup kreatif untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual, tidak kalah dengan daerah-daerah lain yang pernah saya kunjungi sebelumnya,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Menurutnya, dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang dapat digunakan, seperti tas, pernak-pernik, dan aksesoris interior lainnya, dapat meningkatkan nilai ekonomis dari sampah atau barang bekas tersebut.

“Kalau pun belum bisa diperjualbelikan, paling tidak bisa digunakan untuk diri sendiri. Selain bisa menghemat uang belanja, juga turut mengurangi jumlah sampah yang ada,” katanya.

 

Meski sudah tergolong kreatif dan bagus, untuk lebih menambah pengetahuan dan inspirasi, dikatakannya jika belajar dari daerah lain tetap perlu dilakukan agar kreativitas terus bertambah dan semakin luas.

“Seperti makanannya mungkin dipercantik lagi tampilannya, atau olahan kerajinan tangannya bisa diperhalus lagi olahannya,” tambahnya.

Selain itu, dalam stan Expo tersebut, PKK Berau juga mensosialisasikan Bank Sampah sebagai salah satu program kerja yang dapat meningkatkan kreatifitas dan memberikan keuntungan bagi penghasil sampah. Menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, hijau dan asri serta mengurangi jumlah sampah yang diekspor ke TPA.

“Semangat terus untuk tim PKK Berau, terus tingkatkan kreativitas yang ada saat ini. Apalagi dengan program bank sampah, saya yakin akan terwujud tim PKK yang dapat menjadi teladan bagi seluruh masyarakat khususnya ibu rumah tangga di seluruh Kabupaten Berau,” tandasnya.(Marta)