Bupati Ingin Agai Ulai Jadi Ujung Tombak Pariwisata

 

TANJUNG REDEB – Bertempat di aula Hotel Derawan Indah kawasan Jalan Panglima Batur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar acara grand final Duta Wisata Agay Ulai tahun 2016. Grand final tahun ini berlangsung meriah, terlihat  hampir seluruh kursi undangan yang disediakan dipenuhi tamu undangan.

Bupati Berau, Muharram yang hadir dikesempatan itu mengatakan, kegiatan duta wisata ini diharapkan menjadi sarana meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Berau, melalui promosi yang dilakukan para duta agai dan ulai.

"Ini sangat baik, saya berharap para peserta baik yang juara atau tidak dapat membawa wisata Kabupaten Berau semakin terdepan, baik di tingkat nasional hingga internasional," ungkap Muharram dalam sambutan singkatnya, Rabu (7/9/2016) malam.

BACA JUGA : Catat, Pemilihan Agai Ulai Dan Pesta Rakyat dimulai 5 September 2016

Selain itu, dengan adanya pemilihan duta wisata agai dan ulai ini, diharapkan peserta tidak semata menguasai bahasa Indonesia, tetapi juga harus mengusai bahasa Inggris. Hal itu guna memudahkan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi terhadap wisatawan asing yang berkunjung ke Kabupaten Berau. Agai dan ulai ini juga dinilai Muharram dapat memberikan dampak posistif bagi Pemuda berau.

"Dengan ikut ini, selain akan semakin cerdas dalam pengetahuan wisata dan budaya, namun ini juga menjauhkan peserta dari hal negatif seperti narkoba dan minuman keras," tambahnya.

 

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Berau, Saprudin Ithur dalam sambutannya mengatakan, dalam malam grand final pemilihan agai dan ulai tahun 2016, tim juri telah melakukan seleksi ketat, dari yang semula 48 peserta telah terjaring sebanyak 16 peserta, jumlah ini akan kambali di seleksi untuk mencari yang terbaik.

"Malam ini peserta ada 16 besar. Tim juri telah bekerja keras menyeleksi para pemuda terbaik untuk menjadi jura dan menyandang gelar agai dan ulai. Para peserta yang menjadi juara akan mendapatkan sejumlah uang pembinaan dari panitia," pungkasnya.(M.S. Zuhrie)