PDAM Lakukan Perawatan IPA, Sebagian Wilayah Bakal Kekurangan Air

TANJUNG REDEB – Guna menjaga kualitas air distribusi, PDAM Tirta Segah akan melakukan perawatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Unit Singkuang, pada tanggal 6 hingga 8 September mendatang. Perawatan dimaksud dilakukan dengan pengurasan lumpur, penggantian media filter dan perbaikan reservoir.

Disampaikan Adief Mulyadi, Direktur PDAM Tirta Segah, aktivitas perawatan tersebut akan menyebabkan kemungkinan berkurangnya debit air yang mengalir pada sebagian daerah. Jika pada kondisi normal debit air yang mengalir bisa sampai 30 liter per detik, pada masa perawatan, debit air yang mengalir akan dikurangi hingga 10 liter per detik.

“Sudah lama sekali IPA disana tidak mendapatkan perawatan, jadi pekan depan kita akan lakukan perawatan keseluruhan. Tidak mati total, hanya aliran airnya yang tidak deras,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Jum’at (2/9/2016).

Perawatan tersebut dilakukan agar tidak mengganggu atau menurunkan kemampuan PDAM Tirta Segah dalam mengolah air.

“Kalau dibiarkan bisa menurunkan kualitas air dan lumpur yang ada di dalam bak-baknya juga bisa membuat kerusakan pada IPA,” jelasnya.

Adapun wilayah yang akan terkena dampak dari perawatan IPA unit Singkuang tersebut, antara lain Jalan Murjani II, Murjani III, Gunung Panjang, Pulau Panjang, Teuku Umar, dan Dermaga.

Terkait hal itu, Adief berharap masyarakat dapat memaklumi dan menyebarkan informasi ini dari jauh hari agar dapat mengantisipasi saat terjadi minim air di daerah mereka.

“Kita sudah beritahukan sebelum hari perawatannya, jadi kami harap masyarakat bisa memaklumi keadaannya,” tandasnya.(Marta)