Catat, Pemilihan Agai Ulai Dan Pesta Rakyat dimulai 5 September 2016

TANJUNG REDEB – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau melalui Bidang Kebudayaan menggelar rapat pemantapan pemilihan agai ulai dan pesta rakyat, Jum’at (2/9/2016). Rapat dihadiri panitia pelaksana kegiatan serta pengisi acara.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Berau, Saprudin Ithur yang memimpin rapat mengatakan, rapat terbatas itu dilaksanakan guna memastikan kesiapan pelaksaan pagelaran pemilihan agai ulai dan pesta rakyat.

“Rapat ini kita lakukan guna memastikan kesiapan panitia. Jangan sampai nanti panitia pelaksana saat hari pelaksanaan kelabakan karena tidak tersusun dengan baik bagian-bagian mereka,” ujarnya kepada beraunews.com, Jum’at (2/8/2016).

Dikatakannya, jika ditahun sebelumnya panggung untuk pesta rakyat dan Berau Expo dipisah, maka tahun ini semuanya berada di satu panggung dan dipusatkan di Pasar Sanggam Adji Dilayas. Di pangung hiburan nantinya, selain menampilkan kesenian tradisional, panitia juga akan mengabungkan sejumlah seni tari modern yang akan dibawakan oleh kelompok dance dari Komunitas Tudung Banua.

“Kita libatkan kesenian seni moder dan juga tradisional. Jadi budaya daerahnya tetap ada, budaya modernya juga tidak ketinggalan,” tambahnya.

Terkait pemilihan duta wisata atau dalam bahasa daerah disebut agai dan ulai Kabupaten Berau tahun 2016, Saprudin menuturkan, akan dimulai pada 5-7 September. Pemilihan agai ulai ini sendiri setidaknya sudah menjaring peserta sebanyak 48 orang yang terdiri dari 30 perempuan dan 18 laki-laki.

“Agai dan ulai sampai penutupan pendaftaran sudah 48 yang mendaftar, nanti dari jumlah tersebut akan kita seleksi lagi untuk menentukan yang terbaik diantara yang terbaik,” ujarnya.

Saprudin berharap, masyarakat Berau dapat berpartisipasi dalam mensukseskan serangkaian kegiatan yang akan dilaksankan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Berau yang ke-63 dan Kota Tanjung Redeb yang ke-206.

“Kami mengajak semua masyarakat beramai-ramai saksikan kemeriahan Berau Expo dan juga segala kegiatan yang diagendakan pemerintah daerah. Semua ini dilaksanakan demi menghibur masyarakat. Jadi masyarakat harus antusias,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)