Banyak Jalan Rusak, DPRD Panggil DPU Berau dan Kaltim

 

TANJUNG REDEB – Rabu (29/03/2017) DPRD Berau menggelar rapat gabungan Komisi guna membahas pemeliharaan beberapa ruas jalan, seperti Jalan Gunung Tabur Kusiran, Jembatan Sambaliung, Jalan Sambaliung-Talisayan, dan Jalan Teluk Bayur-Labanan.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Berau Saga itu, dihadiri anggota DPRD, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Berau, serta perwakilan UPTD Dinas Pekerjaan Umum Kaltim-Kaltara Wilayah Kabupaten Berau.

Dalam rapat tersebut, Saga menjelaskan, kerusakan infrastruktur jalan diduga akibat seringnya kendaraan yang melebihi kapasitas melewati jalan itu, Oleh karenanya, setelah ada perbaikan jalan dan jembatan, instansi terkait dapat memberikan sanksi terhadap kendaraan-kendaraan yang melanggar aturan tersebut.

“Kami minta penerapan sanksi harus diberlakukan, agar jalan tidak rusak terus,” tegasnya.

Terkait jembatan Sambaliung yang banyak dikeluhkan masyarakat, DPRD Berau meminta agar kewenangan UPTD DPU Kaltim-Kaltara untuk melakukan sapu lubang dapat segera dilaksanakan.

Selain itu, dewan meminta agar terjadi koordinasi yang baik antara DPUTR Berau dengan DPU Kaltim, apalagi di tengah kondisi keterbatasan anggaran yang terjadi saat ini, termasuk dalam hal penunjukan kontraktor pelaksana dalam melaksanakan perbaikan jalan, dapat dilakukan seselektif mungkin.

“Jangan menunjuk kontraktor yang tidak punya alat, apalagi yang tidak punya kemampuan financial. Kita tidak membicarakan kontraktor luar dulu, tapi bagaimana kita memberdayakan kontraktor lokal yang punya kemampuan dan alat terlebih dahulu,” tandasnya.(advertorial/bnc)